Tanpa margarin, ini cara menanak nasi agar tak cepat basi meski disimpan di rice cooker sampai 2 hari

Tanpa margarin, ini cara menanak nasi agar tak cepat basi meski disimpan di rice cooker sampai 2 hari
TikTok/@annepermata

Brilio.net - Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi harian yang harus dipenuhi. Mulai dari karbohidrat, serat, protein, dan vitamin. Sejumlah nutrisi tersebut bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, sejumlah orang memilih untuk mengonsumsi nasi putih. Sebelum dikonsumsi, nasi yang berasal dari beras harus ditanak terlebih dahulu. Agar lebih praktis, biasanya nasi sengaja ditanak menggunakan rice cooker.

Sayangnya meski terbilang mudah dan hemat waktu, memakai rice cooker juga nggak lepas dari kendala. Yup, nasi yang sudah matang dan disimpan begitu saja dalam rice cooker biasanya cepet berkerak. Bahkan ada yang mendapati nasinya berubah jadi basi dan bau. Jika nasi terlanjur basi dan berkerak, justru dibuang begitu saja.

Demi menghindari hal tersebut, sejumlah orang sengaja menambahkan margarin ke dalam beras sebelum ditanak. Tekstur margarin yang licin ini akan membuat nasi jadi lebih pulen dan tidak mudah basi meski disimpan dalam waktu lama di rice cooker.

Namun nggak melulu pakai margarin, karena ternyata ada bahan dapur lain yang bisa digunakan saat menanak nasi pakai rice cooker. Caranya sempat dibagikan oleh pengguna TikTok @annepermata. Di unggahan videonya, ia mengaku cuma menambahkan dua bahan dapur saat menanak nasi agar hasilnya tahan lama.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya