Tanpa perlu dicuci, begini trik menghilangkan bau nasi basi yang menempel di rice cooker

Tanpa perlu dicuci, begini trik menghilangkan bau nasi basi yang menempel di rice cooker
YouTube/@BalayVlogs

Brilio.net - Penggunaan rice cooker memang bisa mempermudah proses menanak nasi. Alat elektronik satu ini dirancang untuk menanak nasi secara otomatis. Kamu tinggal memasukkan beras dan memencet tombol 'cook' (memasak) lalu menunggu nasi matang.

Namun di balik kemudahannya, rice cooker juga punya kekurangan, lho. Biasanya bagian dalam rice cooker mudah bau karena desainnya sangat tertutup. Bau ini bisa semakin parah jika kamu membiarkan nasi dalam kondisi matang selama berhari-hari di rice cooker.

Meskipun rice cooker memiliki fitur menghangatkan, tapi nasi sendiri punya batas waktu penyimpanan. Biasanya jika disimpan lebih dari 1 hari saja, nasi bisa basi dan bau. Nah, bau tak sedap dari nasi basi ini dapat menempel kuat di bagian dalam rice cooker, lho.

Untuk menghilangkan bau tersebut, kamu tidak bisa hanya mencuci bagian pancinya saja. Karena pada dasarnya, bau tersebut sudah menyebar hingga ke bagian dalam rice cooker. Jika dipaksa untuk menanak beras yang baru, tentu nasinya bisa ikut bau jika sudah matang.

Jika kamu mengalami masalah seperti itu, jangan langsung panik, ya. Ada sebuah trik simpel untuk menghilangkan bau nasi basi yang terlanjur menempel di rice cooker. Seorang pengguna YouTube bernama @BalayVlogs pernah membagikannya di salah satu unggahannya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya