Tanpa sitrun, ini cara cepat bersihkan kerak tebal di pantat panci dalam 15 menit

Tanpa sitrun, ini cara cepat bersihkan kerak tebal di pantat panci dalam 15 menit
YouTube/Sentuhan Siroh

Brilio.net - Panci jadi alat masak yang wajib ada di dapur. Dengan bentuknya yang bulat dan cekung, panci selalu bisa diandalkan dalam pembuatan berbagai macam menu masakan berkuah. Tak hanya itu, panci juga biasa dipakai untuk merebus aneka bahan makanan.

Hal tersebut sontak membuat panci jadi perabot dapur yang paling sering digunakan. Tingginya intensitas penggunaan ini membuat panci jadi mudah kotor dan gosong, terutama di bagian bawahnya. Bagian yang juga disebut pantat panci ini bisa gosong dan hitam karena terpapar api kompor secara langsung.

Noda gosong ini bisa bercampur dengan sisa masakan atau kotoran lain, yang kemudian membuat pantat panci jadi berkerak. Semakin lama dibiarkan, kerak di pantat panci bisa menebal dan sangat sulit dibersihkan. Sekalipun sudah digosok sekuat tenaga, keral tebal ini akan tetap sulit terangkat, lho.

Dalam menanggapi masalah tersebut, banyak orang kemudian memutar otak untuk membersihkan pantat panci yang hitam. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan membersihkannya menggunakan sitrun (citric acid). Bahan satu ini dipercaya bisa mengangkat kerak membandel sekalipun di berbagai perabot dapur, termasuk panci.

Namun sayangnya, tetap butuh waktu lama untuk membersihkan pantat panci dengan sitrun. Bahkan panci masih harus direndam selama berjam-jam untuk melunakkan kerak tebalnya. Hal ini tentu sangat menjengkelkan bagi banyak orang.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya ada cara yang lebih cepat untuk membersihkan kerak tebal di pantat panci ini. Seorang pengguna YouTube Sentuhan Siroh pernah membeberkan tutorialnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya