Tanpa teflon atau cetakan khusus, begini trik menggoreng rempeyek bulat agar hasilnya rapi

Tanpa teflon atau cetakan khusus, begini trik menggoreng rempeyek bulat agar hasilnya rapi
foto: YouTube/MeHanna Hanna

Brilio.net - Siapa sih yang nggak tergoda dengan renyah dan gurihnya rempeyek? Salah satu makanan khas Indonesia ini punya rasa yang lezat dan kerap disajikan sebagai pendamping makan berat. Tapi selain itu, rempeyek juga kerap dijadikan camilan saat santai.

Dilihat dari pembuatannya, rempeyek dibuat dari bahan dasar tepung beras, telur, dan bumbu. Untuk menambah cita rasa, sejumlah orang biasanya menggunakan tambahan bahan, seperti kacang, daun jeruk, atau udang. Adonan rempeyek ini lantas dicetak tipis dan digoreng, sehingga bisa menghasilkan tekstur gorengan yang super renyah dan garing.

Pada tahap penggorengan, adonan rempeyek biasanya dicetak sekaligus di bagian pinggir wajan. Lalu adonan akan mengering dan luruh ke dalam minyak. Nah, pada tahap inilah, rempeyek baru benar-benar digoreng sampai garing.

Selain dicetak dengan cara tersebut, adonan rempeyek juga bisa dicetak dengan cetakan khusus. Ada jenis rempeyek berbentuk bulat yang biasanya dicetak dengan cetakan khusus berbentuk bulat dan pipih. Nah, cetakan ini akan membuat adonan rempeyek lebih rapi saat digoreng.

Cetakan khusus ini bisa didapat di pasar tradisional. Bagi pedagang rempeyek, membeli cetakan ini tentu akan mempermudah pekerjaan. Namun jika hanya sesekali membuat rempeyek, membeli cetakannya tentu sangat disayangkan. Setelah dipakai, cetakan akan langsung disimpan dan jarang digunakan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan memutar otak saat hendak membuat rempeyek bulat. Salah satunya adalah dengan mencetaknya di teflon. Jadi, adonan akan dicetak dulu di teflon datar dan bulat. Setelah adonannya kokoh, rempeyek baru dipindahkan ke penggorengan.

Padahal selain dengan teflon, ada trik lain yang lebih praktis dalam menggoreng dan mencetak rempeyek. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama MeHanna Hanna. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan wajan kuali saja.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya