Taruh 7 bumbu dapur ini di sudut ruangan, bantu usir nyamuk

22 / 10 / 2021 18:02 WIB Shahfara Raida
Taruh 7 bumbu dapur ini di sudut ruangan, bantu usir nyamuk
foto ilustrasi: pexels.com

Brilio.net - Saat cuaca sering hujan, sudah nggak heran jika banyak nyamuk yang muncul. Bahayanya, nyamuk bisa menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD), malaria, dan lain-lain. Bahkan, sejumlah penyakit ini pun bisa menyebabkan kematian.

Nggak bisa dibiarkan, setiap orang pastinya harus menjaga keadaan tempat tinggal agar selalu bersih. Penting juga untuk menutup genangan air seperti di bak mandi biar nggak jadi sarang nyamuk berkembang biak. Namun, terkadang masih ada saja nyamuk yang muncul dari luar ruangan.

Tapi jangan khawatir, selain menggunakan produk-produk pengusir nyamuk, kamu pun bisa menggunakan bahan alami, lho. Meletakkan sejumlah bumbu dapur di sudut ruangan ternyata bisa mengusir nyamuk lho.

Nah, apa saja sih bumbu dapur tersebut? Berikut tujuh bumbu dapur yang bisa bantu usir nyamuk, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Jumat (22/10).

1. Serai.

bantu usir nyamuk  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Menurut agwaycapecod.com, serai mengandung minyak alami dengan aroma yang nggak disukai oleh nyamuk. Kamu bisa menaruh beberapa potong serai di atas wadah, dan diletakkan di sudut-sudut ruangan untuk mengusir nyamuk.

2. Bawang putih.

bantu usir nyamuk  berbagai sumber

foto: pexels.com

Setiap rumah kebanyakan memiliki bawang putih, karena bumbu dapur ini umum digunakan untuk memasak. Nah, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk, lho. Aroma bawang putih yang cukup menyengat juga nggak disukai oleh nyamuk. Kamu bisa menaruh potongan bawang putih di sudut ruangan.

Dilansir dari thereadystore.com, kamu juga bisa cincang beberapa siung bawang putih, kemudian campurkan dengan mineral oil dan diamkan selama 24 jam. Jika sudah, sisihkan bawangnya dan campur minyak dengan air dan lemon. Cairan ini bisa disemprotkan di ruangan sebagai pengusir nyamuk alami.

3. Kayu manis.

bantu usir nyamuk  berbagai sumber

foto: pexels.com

Kayu manis memiliki aroma yang nikmat, namun nyamuk nggak menyukainya, lho. Dikutip dari bestlifeonline.com, kayu manis mengandung senyawa kimia eugenol untuk mengusir serangga seperti nyamuk.

Untuk mengusir nyamuk pakai kayu manis, kamu bisa gunakan cara dari howtomurderpests.com, nih. Bisa buat lilin dari kayu manis untuk dinyalakan di dalam ruangan. Selain itu, kayu manis juga bisa membunuh telur nyamuk, lho. Jika ada genangan air di sekitar halaman rumah, kamu bisa menaburkan sedikit bubuk kayu manis ke genangan tersebut.

4. Daun kemangi.

bantu usir nyamuk  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Siapa yang senang pakai kemangi buat masakan? Kamu juga bisa gunakan daun kemangi sebagai pengusir nyamuk yang alami, lho. Dilansir dari hunker.com, daun kemangi bisa ditumbuk biar aromanya keluar dan mencegah nyamuk datang.

Selain itu, biar lebih ampuh, kamu juga bisa tambahkan beberapa tetes air lemon, lalu tinggal taruh di wadah dan diamkan di sudut ruangan.

5. Daun mint.

bantu usir nyamuk  berbagai sumber

foto: pexels.com

Seperti kemangi, pastinya daun mint juga beraroma kuat, tetapi nggak disukai oleh nyamuk. Mengutip dari cookinglight.com, kamu bisa siapkan daun mint yang sudah ditumbuk untuk diaduk bersama air mendidih sebagai cairan pengusir nyamuk. Bisa untuk kulit maupun disemprotkan di dalam ruangan.

Selain jadi cairan, daun mint tumbuk juga bisa diletakkan di wadah untuk ditaruh di sudut-sudut ruangan. Namun, jangan lupa untuk menggantinya secara berkala, ya.

6. Rosemary.

bantu usir nyamuk  berbagai sumber

foto: pexels.com

Dilansir dari almanac.com, rosemary nggak hanya ampuh buat usir nyamuk, tapi juga bisa untuk jenis serangga lainnya seperti lalat. Tinggal menaruh beberapa tangkai rosemary di sudut-sudut ruangan biar nyamuk dan lalat nggak berani masuk.

7. Kulit jeruk dan lemon.

bantu usir nyamuk  berbagai sumber

foto: pexels.com

Untuk sejumlah masakan khas Western, kulit jeruk atau lemon kerap digunakan sebagai bumbu pada masakan. Ternyata, bahan dapur ini juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk, lho. Aroma dari kulit jeruk dan lemon yang kuat bikin nyamuk malas masuk ke rumah.

Dikutip dari homeanddecor.com.sg, kulit jeruk atau lemon bisa direbus untuk jadi cairan semprot pengusir nyamuk. Kamu pun bisa membuatnya jadi lilin untuk dinyalakan di dalam ruangan, dijamin nyamuk auto pergi.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Bakar Garam

  • Cakwe Asam Manis

    Cakwe Asam Manis

  • Molen Pisang Keju

    Molen Pisang Keju

  • Iga Bakar Penyet

    Iga Bakar Penyet

Review

Selengkapnya