Teko siul tak berbunyi saat air mendidih? Ini lho trik mudah mengatasinya

Teko siul tak berbunyi saat air mendidih? Ini lho trik mudah mengatasinya
foto: YouTube/Mama Zidna

Brilio.net - Beberapa jenis teko biasanya akan mengeluarkan suara nyaring layaknya siulan saat digunakan merebus air. Dilansir dari cam.ac.uk, dosen aeroakustik dari University of Cambridge mengungkapkan bahwa suara itu berasal dari uap panas yang muncul dari air mendidih. Uap panas yang sudah mengumpul akan terdorong ke lubang corong teko dan menghasilkan suara siul yang nyaring.

Bisa dibilang bahwa munculnya suara tersebut juga memberi tanda bahwa air yang sedang direbus sudah mendidih. Fungsi suara siul yang nyaring ini tentu sangat berguna, apalagi kalau kamu sedang tidak di dapur. Sehingga saat mendengar suaranya, kamu bisa segera kembali ke dapur dan mematikan api kompor.

Sayangnya, tak jarang teko siul justru tidak berbunyi saat air mendidih. Hal ini tentu jadi permasalahan tersendiri karena kamu jadi nggak tahu air dalam teko sudah mendidih atau belum. Dan tentu akan sangat repot jika harus sering-sering membuka tutup teko untuk mengecek air yang tengah direbus.

Jika kamu mengalami permasalahan tersebut, jangan khawatir atau buru-buru membeli teko baru. Pasalnya, ada sebuah trik untuk mengatasi hal tersebut. Trik ini dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube bernama Zidna.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya