The power of tangan-kaki orang India di balik larisnya kuliner kaki lima, 8 foto ini bikin hela napas

The power of tangan-kaki orang India di balik larisnya kuliner kaki lima, 8 foto ini bikin hela napas
foto: Instagram/@shabaz_act

Brilio.net - Jajanan kaki lima yang biasa dijajakan di pinggir jalan memang selalu menggugah selera. Selain karena rasa dan aromanya yang lezat, tampilan makanannya juga tak kalah menggiurkan. Tak jarang, para pedagang makanan kaki lima juga memperlihatkan cara pembuatan dan penyajian yang berbeda untuk menarik minat para pembeli.

Hal itulah yang juga dilakukan oleh sejumlah pedagang makanan kaki lima di India. Para penjaja makanan kaki lima di negara ini dikenal kerap menyajikan makanan dengan cara yang cukup berbeda dengan kebanyakan pedagang.

Alih-alih memakai alat bantu saat mengolah dan menggoreng makanan, para pedagang di sana justru memakai tangan dan kakinya secara langsung. Banyak pedagang yang tak memakai sarung tangan saat mengaduk atau mencampur makanan. Bahkan tak sedikit yang langsung memakai tangan saat mengangkat makanan dari wajan yang panas.

Ternyata, masyarakat India memiliki alasan tersendiri mengapa memilih mengaduk makanan menggunakan tangan atau kaki. Menurut masyarakat, masak menggunakan tangan tanpa alat bantu akan membuat rasa semakin orisinil. Selain itu, manusia juga dapat berhubungan langsung dengan makanan dan merasakan tekstur dari makanan tersebut.

Meski terkesan jorok, namun banyak jajanan kaki lima di India yang tetap ramai oleh pembeli, lho. Penasaran seperti apa penampakannya? Berikut delapan potret gimana proses pedagang kaki lima di India membuat atau memproses makanan/minuman langsung dengan tangan dan kaki mereka, dikutip BrilioFood dari Instagram @shabaz_act, Jumat (5/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya