Trik agar nasi tidak mudah basi dan tetap pulen sampai tiga hari di dalam rice cooker

Trik agar nasi tidak mudah basi dan tetap pulen sampai tiga hari di dalam rice cooker
YouTube/JiVieChannel

Brilio.net - Makan lauk pauk atau menu berat terasa kurang lengkap tanpa nasi. Memang, nasi sudah jadi makanan pokok sehari-hari. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian besar masyarakat Indonesia menanak nasi setiap harinya. Baik dalam porsi sedikit untuk dimakan sendiri maupun banyak karena disantap bersama keluarga.

Saat ini, menanak nasi memang bisa dilakukan dengan mudah pakai rice cooker. Cukup dengan menyiapkan beras dan air, kamu bisa langsung meletakkannya di rice cooker. Kemudian tinggal tekan tombol 'cook'. Dengan begitu, nasi matang tinggal menunggu waktu sebentar.

Berbicara mengenai rice cooker, alat satu ini memang dapat mempermudah proses menanak nasi. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa alat elektronik rice cooker ini punya kelemahan tersendiri, lho. Salah satu kelemahannya adalah tidak bisa menyimpan nasi dalam waktu lama. Pasalnya, biasanya nasi yang terlalu lama disimpan di rice cooker dapat berubah jadi keras, bau, dan mudah basi.

Dalam waktu satu hari saja, nasi di rice cooker bisa menguning, basi, dan tidak layak dikonsumsi. Mau nggak mau, nasi harus segera dibuang. Di sisi lain, kamu perlu menanak nasi lagi dengan menggunakan beras baru. Nah, nggak cuma buang-buang makanan, hal ini juga bikin waktu terbuang semakin banyak karena harus memasak ulang dari awal.

Padahal tahu nggak sih, masalah tersebut pada dasarnya bisa dicegah sejak awal persiapan menanak nasi, lho. Jadi, ada trik yang bisa dilakukan supaya nasi lebih tahan lama, sekalipun diletakkan di rice cooker.

Dalam sebuah video yang dibagikan pengguna YouTube bernama JiVieChannel, dia menjelaskan dengan detail rahasia agar nasi tahan lama. Menurutnya, cara menanak tersebut bisa membuat nasi tetap pulen sampai tiga hari, lho. Kualitas nasinya pun tetap baik dan layak dikonsumsi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya