Pakai wajan bekas pasir, 11 potret pembuatan makanan porsi jumbo di India yang ini nggak higienis

Pakai wajan bekas pasir, 11 potret pembuatan makanan porsi jumbo di India yang ini nggak higienis
TikTok/@panggilajacip

Brilio.net - Seperti halnya di Indonesia, masyarakat India juga kerap memasak dalam porsi besar, terutama ketika ada acara. Misalnya saat pernikahan atau acara khusus di tempat ibadah. Nah, makanan porsi jumbo pun biasanya dibuat pun cukup beragam. Salah satunya diolah dari bahan dasar nasi.

Sebuah video yang pernah dibagikan pengguna TikTok @panggilajacip pernah memperlihatkan cara membuat salah satu olahan nasi jadi porsi jumbo. Untuk hajatan di sebuah rumah ibadah, masyarakat India tersebut membuat olahan nasi bernama khichdi.

Olahan nasi satu ini memiliki tekstur seperti bubur yang dibuat dengan bumbu rempah kuning. Selain tekstur dan warnanya, ciri khas lain dari nasi ini adalah menggunakan berbagai macam kacang-kacangan.

Dalam video tersebut, khichdi yang dibuat memiliki porsi sangat jumbo, sehingga perlu gotong royong atau beramai-ramai untuk membuat makanan tersebut. Karena porsinya sangat banyak, maka wajan yang dipakai juga besar, nih. Sayangnya, wajan besar yang dipakai memasak merupakan bekas wadah pasir kotor.

Jika makanan umumnya dimasak dengan sutil, khichdi tersebut justru diaduk dengan kayu dan sekop. Kondisi kayu dan sekop tersebut juga tampak kotor. Hal ini tentu membuat proses pembuatan makanan itu jadi nggak higienis.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak potret pembuatannya melalui ulasan BrilioFood dari TikTok @panggilajacip pada Senin (6/2).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya