Trik biar nasi tak mudah basi usai dipanaskan ulang, pakai garam

Trik biar nasi tak mudah basi usai dipanaskan ulang, pakai garam
Penggunaan garam pada makanan dikenal bisa mencegahnya jadi basi. |

"Yang nasinya sering nyisa banyak dan kalau diangetin lagi malah basi bisa coba cara ini," tulis TikTok/@mami_rt, dikutip BrilioFood pada Jumat (21/10).

Kuncinya ada di penambahan bumbu dapur di air kukusan. Wanita yang akrab disapa Mami RT ini memasukkan sekitar setengah sendok teh garam ke dalam air kukusan. Penggunaan garam pada makanan dikenal bisa mencegahnya jadi basi, lho. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, garam bisa mencegah perkembangan bakteri dan reaksi kimia pada makanan.

Trik biar nasi tak mudah basi usai dipanaskan ulang, pakai garam

foto: TikTok/@mami_rt

Kemudian, kukusan harus dipanaskan terlebih dahulu sampai mendidih sebelum nasi sisa dimasukkan. Setelah nasi masuk, Mami RT pun menjelaskan, sebaiknya panci jangan ditutup dulu selama tiga sampai lima menit. Baru kemudian, tutup pancinya dan kukus nasi sampai tanak.

Trik biar nasi tak mudah basi usai dipanaskan ulang, pakai garam

foto: TikTok/@mami_rt

Nasi sisa pun terlihat seperti nasi baru dan siap disantap selagi masih hangat. Nah, untuk menghangatkan nasi, sebaiknya cukup dilakukan sekali saja. Dilansir dari nhs.uk, usai nasi dipanaskan ulang, nasi bisa dihabiskan dan tak perlu disimpan kembali biar kondisinya masih bagus dan nutrisi tidak hilang.

Dengan trik tersebut, nasi sisa pun jadi nggak terbuang sia-sia. Nggak salah, kalau trik seputar memanaskan ulang nasi di akun TikTok/@mami_rt ini pun mendapat banyak antusias dari warganet, lho. Setelah diunggah pada Agustus 2022 lalu, video tersebut pun sudah ditonton ratusan ribu kali di TikTok.

@mami_rt Yang nasinya sering nyisa banyak dan kalau diangetin lagi malah basi bisa coba cara ini #fyp #foryou #fxyzcba @scarlett_whitening #tips #cara #nasisisa Stel Kendo Stel Kenceng Jedag Jedug - Rian DTM

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya