Cara mengolah terasi mentah, tak mudah berjamur disimpan tanpa kulkas

Cara mengolah terasi mentah, tak mudah berjamur disimpan tanpa kulkas
YouTube/Pawonne Simbok

Brilio.net - Terasi sering dipakai untuk bahan dasar sambal biar rasanya semakin gurih dan enak. Di samping itu, terasi juga biasa dicampur dengan aneka masakan lain seperti tumisan, biar rasa dan aromanya semakin nendang.

Terasi umumnya dibuat dari ikan maupun udang. Ikan dan udang tersebut diproses melalui fermentasi untuk menghasilkan adonan atau pasta terasi. Di pasaran, ada yang langsung menjual terasi hasil fermentasi tersebut yang masih mentah maupun sudah matang dan dikemas rapat untuk menjaganya awet.

Nah, tak sedikit orang yang memilih membeli terasi yang masih mentah, terutama di pasar tradisional. Lantaran terasi mentah ini rasa dan aromanya dianggap lebih kuat dan nikmat. Namun sayangnya ketika disimpan, terasi mentah lebih cepat basi dan berjamur.

Tetapi jangan khawatir, karena terasi mentah bisa diolah agar bisa awet saat disimpan, lho. Salah satu warganet yang akrab disapa Simbok di YouTube punya caranya, nih. Bahkan, ia menjelaskan, dengan diolah dulu, terasi jadi awet berbulan-bulan tanpa perlu disimpan di kulkas.

"Dengan cara ini maka terasi akan awet sampai berbulan-bulan tanpa harus dimasukkan ke dalam kulkas," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube/Pawonne Simbok pada Kamis (20/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya