Trik cepat menghaluskan bawang putih tanpa bikin cobek maupun alat parut kotor

Trik cepat menghaluskan bawang putih tanpa bikin cobek maupun alat parut kotor
TikTok/@qa.tri27

Brilio.net - Dalam berbagai macam masakan, bawang putih selalu diandalkan sebagai bumbu dasar. Bawang putih memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat dibandingkan bawang merah. Nggak heran kalau jenis rempah ini jadi bumbu yang wajib ada di dapur.

Sebelum digunakan, bawang putih biasanya diiris atau dicincang. Bukan tanpa alasan, hasil potongan bawang putih akan membuat aroma dan rasanya semakin kuat. Saat dicampur ke masakan, rasa bawang putih pun semakin terasa.

Selain diiris dan dicincang, bawang putih juga bisa dihaluskan untuk mendapat aroma yang menyengat. Semakin kecil bentuk bawang putih (saat dihaluskan), semakin banyak senyawa allicin yang dihasilkan. Jenis senyawa ini merupakan sumber rasa dan aroma sedap pada bawang putih.

Sayangnya bagi sebagian orang, menghaluskan bawang putih termasuk pekerjaan yang merepotkan. Bukan tanpa alasan, butuh banyak alat seperti ulekan dan cobek untuk menghaluskan bawang putih. Belum lagi sendok untuk mengambil hasil bawang putih halus di cobek. Hal ini dianggap tidak sepadan dengan cucian kotor yang dihasilkan jika bawang putih yang dihaluskan hanya satu atau dua siung saja.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya