Trik jitu goreng daging ayam fillet agar teksturnya tidak keras, antigagal

Trik jitu goreng daging ayam fillet agar teksturnya tidak keras, antigagal
Ternyata nggak boleh asal masukkin ayam fillet ke minyak goreng. |

Sebelum ayam fillet goreng, pastikan minyak yang digunakan sudah benar-benar dalam kondisi panas. Menurut Nana, jika minyak belum benar-benar panas ayam dimasukkan, nantinya minyak mudah memercik ke mana-mana. Jika minyak sudah benar-benar panas, baru masukkan ayamnya. Goreng sambil sesekali diaduk sampai ayam fillet setengah matang.

Trik jitu goreng daging ayam fillet agar teksturnya tidak keras, antigagal

foto: TikTok/@nanatjie13

Kalau sudah setengah matang, angkat semua ayam fillet terlebih dahulu menggunakan saringan. Tunggu sekitar kurang lebih 10 detik untuk menunggu minyaknya jadi panas kembali. Setelah itu, baru masukkan kembali ayam filletnya ke dalam minyak tersebut dan goreng hingga matang. Usut punya usut, teknik memasak seperti yang dilakukan Nana ini bernama double-frying (menggoreng dua kali), lho.

Dilansir dari mashed.com, teknik memasak double-frying ini bukan hanya membantu ayam jadi empuk usai dimasak, tapi juga mencegah ayam overcooked (terlalu matang) dan menjadi keras. Teknik memasak ini memang sering dipakai oleh chef atau para ahli di bidang kuliner, lho. Tak hanya ayam fillet, sebenarnya teknik memasak double-frying ini juga bisa digunakan untuk potongan ayam biasa maupun ayam utuh.

Trik jitu goreng daging ayam fillet agar teksturnya tidak keras, antigagal

foto: TikTok/@nanatjie13

Nana juga menambahkan, teknik menggoreng seperti ini juga bisa diterapkan pada jenis lauk lainnya selain ayam. Misalnya, saat menggoreng ikan, udang, kepiting, serta cumi biar teksturnya tetap empuk setelah digoreng. Namun, khusus untuk ikan, menurutnya lebih bagus lagi kalau dibaluri tepung kanji atau tapioka dulu sebelum digoreng.

"Teknik 2x goreng biasa nana utk ayam, udang, kepiting dan cumi. tp kalau ikan nana pakai teknik taburi tepung kanji / tapioka," jelas Nana.

Mengintip kolom komentar di unggahan TikTok/@nanatjie13, banyak warganet yang mengaku baru tahu dan tertarik mencoba trik menggoreng seperti ini di rumah, lho. Unggahan ini pun sudah ditonton lebih dari 1 juta kali di TikTok. Kalau kamu, sudah tahu teknik menggoreng yang satu ini belum?

Trik jitu goreng daging ayam fillet agar teksturnya tidak keras, antigagal

INFOGRAFIS TRIK MENGGORENG AYAM FILLET
© 2022 brilio.net/Rakha Kharista

"Makasih kakak," kata TikTok/@BIG SHOP.

"Ini berlaku utk ayam fillet doang, atau semua yg perlu / bisa di goreng ?. ( daging, ikan, dll )," ujar TikTok/@litakoe42.

"Klu saya goreng nya di api yg kecil aja, lembut dia trs masak smpy ke dlm ..klu api besar gitu kdng di luar nya uda kuning dlm nya msh berdarah," jelas TikTok/@foyu salon.

@nanatjie13 #foryoupage #foryou #fyp #resepmasakannusantara #resepmasakannusantara #ayamgoreng #ayamfillet #ayampotong suara asli - Nanatjie13 - Cece Cooking Bersama

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya