Trik masak tumis kangkung agar tetap hijau cerah, pakai es batu

Trik masak tumis kangkung agar tetap hijau cerah, pakai es batu
TikTok/@eme_theresia

Brilio.net - Kangkung termasuk salah satu sayuran hijau populer. Dilansir dari healthline.com, rutin makan sayuran hijau bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena obesitas, menyehatkan jantung, mencegah tekanan darah, dan lain sebagainya.

Umumnya, sayuran hijau seperti kangkung sangat bermanfaat karena kaya nutrisi, baik vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Kangkung sendiri disukai banyak orang karena praktis diolah jadi berbagai hidangan, baik tanpa maupun pakai kuah.

Sedangkan masakan kangkung tumis juga jadi salah satu favorit banyak orang. Terbukti menu satu ini sering dihidangkan di berbagai rumah makan. Pasalnya, rasa gurih dari bumbu-bumbu dan sayur kangkung yang empuk usai dimasak memang nikmat banget di lidah. Apalagi kalau dimakan pakai nasi hangat, lauk khas rumahan, sambal, dan kerupuk, dijamin nafsu makan auto meningkat.

Sayangnya, banyak yang belum tahu trik masak tumis kangkung yang tepat, nih. Usut punya usut, jika asal masak, kangkung bisa jadi menghitam dan penampilannya kurang menarik lagi saat dihidangkan.

Penyebab tumis kangkung menghitam masih belum diketahui pasti, tapi ada beberapa cara supaya warnanya tetap hijau cerah usai dimasak, lho.

Salah satu cara masak biar tumis kangkung tetap hijau dibagikan oleh akun TikTok bernama Eme Theresia. Yakni menggunakan beberapa buah es batu. Menurutnya, pakai es batu bisa membantu warna tumisan kangkung tidak mudah menghitam saat dan sesudah dimasak.

"rahasia warna tumisan kangkung tetap hijau dijamin warna sayurnya tetap hijau pas disantap," ujarnya dilansir BrilioFood dari TikTok/@eme_theresia pada Jumat (7/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya