Trik menanak nasi porsi besar tanpa metode siram dan aron, hasilnya pulen hanya dalam 45 menit

Trik menanak nasi porsi besar tanpa metode siram dan aron, hasilnya pulen hanya dalam 45 menit
YouTube/Reni Suharjo

Brilio.net - Nasi sudah sejak lama menjadi makanan pokok, terutama bagi masyarakat di Indonesia. Alhasil, menanak nasi setiap hari sudah jadi kebiasaan banyak orang. Biasanya, nasi cukup dimasak di magic com maupun rice cooker saja biar praktis. Sembari menunggu nasi matang, bisa sambil melakukan aktivitas lainnya.

Tapi, tak sedikit orang memilih menanak nasi di atas api kompor, terutama saat harus menyajikan dalam porsi besar. Memasak nasi langsung dalam jumlah besar ini kerap dilakukan saat mengadakan hajatan maupun untuk jualan. Di samping itu, karena porsinya besar, menanak nasi di atas api kompor ini seringkali butuh waktu lama hingga berjam-jam.

Bahkan, tak jarang sering mengalami kegagalan ketika menanak nasi, alhasil nasinya jadi gosong atau terlalu lembek. Memang sudah banyak trik menanak nasi di atas kompor yang bisa dipraktikkan, seperti pakai metode siram maupun aron. Namun, buat yang ingin lebih simpel, tampaknya kamu bisa tiru trik yang dibagikan oleh warganet bernama Reni, nih.

Tak hanya lebih simpel, waktu yang dibutuhkan untuk menanak nasi dengan trik ini juga cenderung singkat, yakni 45 menit saja. Namun, menurutnya sebelum menanak nasi, penting untuk mengetahui jenis beras yang digunakan biar tidak salah memberi takaran air. Dengan begitu nasi pun gagal usai dimasak. Reni mengaku pakai beras khusus yang cenderung pulen, bukan pera, untuk dimasak kali ini.

"untuk pemberian air kenali dulu karakter beras ya Bun jika beras suka air berarti air peres (rata) beras jika beras tdk suka air berarti air setengah dari beras," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Reni Suharjo pada Jumat (24/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya