Trik menggoreng singkong agar renyah dan merekah, mudah ditiru

Trik menggoreng singkong agar renyah dan merekah, mudah ditiru
TikTok/@rudychoirudin

Brilio.net - Siapa sih yang bisa menolak kelezatan camilan berbahan dasar singkong? Apalagi jika disajikan dengan teknik goreng, teksturnya krispi di luar namun lembut dan manis di dalam. Singkong goreng juga cocok disajikan kapan saja. Ketika pagi hari sebagai menu sarapan maupun malam hari jadi sajian saat nongkrong bersama teman.

Meskipun termasuk salah satu camilan pinggir jalan, namun singkong goreng selalu sukses memanjakan lidah. Di luaran sana juga terdapat banyak penjual yang menawarkan berbagai jenis kreasi singkong goreng. Mulai dari singkong goreng keju, singkong goreng topping gula aren, hingga singkong goreng karamel.

Tak cuma lezat, singkong juga mengandung gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dilansir dari healthline.com, singkong mengandung serat, kalium, kalsium, karbohidrat, protein, vitamin C, dan masih banyak lainnya. Kandungan tersebut bisa memberikan energi, mencegah sembelit, hingga mengontrol aliran darah.

Berbicara mengenai singkong goreng, meski terlihat mudah dan simpel, namun ternyata masih banyak kendala yang pernah dirasakan oleh kebanyakan orang. Entah karena warnanya terlalu pucat, teksturnya keras, kasar, maupun cita rasanya kurap mantap karena bumbu tak meresap sempurna.

Oleh sebab itu, penting untuk kamu cari tahu bagaimana cara menggoreng singkong dengan benar. Meskipun tak jauh berbeda dengan teknik goreng bahan makanan lainnya, namun ada trik khusus yang harus kamu terapkan kali ini, lho. Dengan cara ini pula, hasil singkong goreng buatanmu tidak mengandung terlalu banyak minyak.

Dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@rudychoirudin pada Kamis (1/9), ia membagikan cara jitu menggoreng singkong. Memakai trik tersebut akan menghasilkan singkong renyah dan merekah dengan sempurna.

Trik menggoreng singkong agar renyah dan merekah, mudah ditiru

foto: TikTok/@rudychoirudin

Pertama, siapkan singkong yang akan digoreng. Kupas dan dipotong-potong sesuai selera. Setelah itu, goreng singkong pakai minyak panas. Tak perlu sampai matang, namun saat warnanya sudah berubah kekuningan dan setengah matang, angkat lalu tiriskan.

Trik menggoreng singkong agar renyah dan merekah, mudah ditiru

foto: TikTok/@rudychoirudin

Jika sudah, masukkan singkong setengah matang tadi ke mangkuk yang sudah berisi air dingin campur dengan bumbu marinasi. Diamkan selama beberapa menit. Biarkan bumbu meresap sempurna pada singkong. Lama-kelamaan singkong akan merekah secara perlahan.

Trik menggoreng singkong agar renyah dan merekah, mudah ditiru

foto: TikTok/@rudychoirudin

Jika dirasa sudah cukup direndam di larutan bumbu marinasi, kamu bisa langsung memasukkan singkong ke wajan yang berisi minyak panas. Selama proses penggorengan, pastikan kamu selalu mengaduk-aduknya, agar singkong bisa matang secara merata. Goreng singkong hingga tekstur renyah dan berwarna kuning kecokelatan.

Jika sudah matang, singkong goreng bisa dikonsumsi secara langsung ataupun bisa diolah kembali menjadi hidangan yang menggugah selera. Video yang ia unggah ini rupanya menginspirasi banyak orang. Tidak sedikit yang meninggalkan komentar positif, lho.

“Terimakasih telah berbagi ilmu.,” tulis akun TikTok@tayokoko.

“makasih resepnya cheff,” ujar akun TikTok/@Umaciganitri.

“Cobak ah... kayaknya Enyaaak...,” ucap akun TikTok/@Anierose.

“terima kasih,” tutur akun TikTok/@Gudang Perabotan.

“matur suwun Jeh resepnya,” kata akun TikTok/@meiyatii.

@rudychoirudin Tips: Menggoreng Singkong Agar Merekah Dan Garing #fyp #rudychourudin #resep #tips #indonesia # # # # # suara asli - Rudy Choirudin

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya