Cara mudah goreng peyek kacang agar tipis dan renyah tahan lama

Cara mudah goreng peyek kacang agar tipis dan renyah tahan lama
TikTok/@masakansimple

Brilio.net - Rempeyek atau peyek adalah hidangan camilan sejenis keripik maupun kerupuk bercita rasa gurih dan renyah. Tak hanya untuk camilan, rempeyek juga cocok disantap sebagai pendamping santap berat ataupun menetralisir rasa pedas.

Jika dilihat dari bahannya, rempeyek terbuat dari adonan yang digoreng dengan bahan dasar tepung beras campur air, diberi bumbu, dan dikasih isian seperti biji kacang tanah atau kedelai, udang, hingga bayam.

Cara membuatnya pun terbilang mudah dan sederhana. Meskipun begitu, masih banyak orang yang berpikir dua kali untuk membuat peyek. Sebagian orang masih sering gagal ketika membuat peyek. Mulai dari rasanya yang kurang lezat, bentuknya terlalu tebal, tidak renyah, sampai mudah melempem.

Namun demikian, pemilik akun TikTok/@masakansimple tidak sungkan membagikan trik membuat peyek dengan benar, lho. Melalui unggahan videonya, ia menjelaskan apabila memakai trik ini, peyek menjadi tipis dan renyah tahan lama.

Cara mudah goreng peyek kacang agar tipis dan renyah tahan lama

foto: TikTok/@masakansimple

Pertama-tama masukkan tepung beras ke wadah. Tambahkan air dingin sesuai selera. Namun, jika ingin peyek yang dihasilkan tipis, kamu bisa menambahkan banyak air. Aduk dengan whisk sampai tidak ada tepung yang bergerindil. Hal itu membuat tekstur peyek nantinya lebih renyah dan tahan lama.

Cara mudah goreng peyek kacang agar tipis dan renyah tahan lama

foto: TikTok/@masakansimple

Tambahkan kacang yang memang belum digorenguntuk campuran adonan peyek. Agar tampilan peyek lebih menarik, tambahkan irisan daun bawang. Aduk terus adonan sampai semuanya menyatu dengan sempurna. Jika sudah, kamu bisa menambahkan es batu ke dalamnya.

Cara mudah goreng peyek kacang agar tipis dan renyah tahan lama

foto: TikTok/@masakansimple

Kemudian siapkan wajan berisi minyak goreng panas. Sambil diaduk minyaknya agar panas stabil dan merata. Ini merupakan kunci agar peyek bisa berhasil dan super renyah. Jika sudah, kamu bisa menuangkan adonan peyek di setiap sisi wajan. Lama-kelamaan peyek akan turun ke tengah wajan dan terendam minyak goreng.

Jika peyek sudah berubah warna menjadi kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Dijamin peyek yang dibuat akan renyah dan tidak melempem meskipun disimpan dalam jangka waktu lama.

Aksinya ini pun menuai pujian dari warganet dan sempat FYP di TikTok. Video yang disukai lebih dari 12 ribu kali ini sukses membuat penghuni TikTok terkesima.

"bener bgt bun aku kalau bikin peyek tk kasih es batu bener" renyah walau pun pakai kemiri sedikit," tulis akun TikTok/@gadis patria.

"udah coba 2x resepnya lupa terus air es nya, tp ttp renyah enakresepnya," ujar akun TikTok/@eema55869.

"keren," komentar akun TikTok/@Ayuna Beauty.

"mksh infonya ummah," papar akun TikTok/@wiwinsera45.

"makasih bun...buat ilmunya ..GBu," sahut akun TikTok/@Elia.

@masakansimple Reply to @desiarisandi__ #dibaliklayar fungsi es batu & cara goreng peyek berhasil #makanmakantiktok original sound - masakan.simple - Masakan Simple

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya