Trik menghilangkan bau tanah dan lendir pada ikan patin, ampuh tanpa jeruk nipis

Trik menghilangkan bau tanah dan lendir pada ikan patin, ampuh tanpa jeruk nipis
YouTube/Ju Nita

Brilio.net - Di antara banyak jenis ikan, ikan patin termasuk salah satu ikan air tawar yang sering dikonsumsi. Biasanya ikan patin dijadikan sebagai lauk pauk. Tingginya protein, kolagen, dan sejumlah vitamin kompleks membuat ikan patin termasuk makanan sehat.

Sayangnya, masih banyak orang enggan mengonsumsi ikan satu ini. Bukan tanpa alasan, ikan patin punya bau tanah yang menyengat sekalipun sudah dimasak. Pada dasarnya, ikan patin memang biasa hidup pada perairan sungai yang dalam, dengan keadaan air yang keruh dan berlumpur. Alhasil, bau lumpur dan tanahnya pun menyengat.

Nggak cuma itu, ikan patin juga memiliki lendir yang cukup banyak. Hal ini bisa dilihat dari tubuhnya yang cenderung licin dan sulit dipegang. Jika tidak dibersihkan dengan benar, lendir tersebut bisa mengganggu rasa dan bau ikan patin bahkan setelah dimasak.

Untuk menghilangkan bau tanah dan lendirnya, sebagian orang biasanya mengandalkan bahan-bahan tertentu. Salah satunya adalah air jeruk nipis. Penggunaan air jeruk nipis dianggap mampu menetralisir bau tanah dan bikin lendirnya pun hilang.

Sayangnya, air jeruk nipis ini tidak melulu ampuh dipakai untuk menghilangkan bau dan lendir ikan patin. Bahkan tidak sedikit juga yang mengeluhkan baunya masih menyengat sekalipun sudah dimarinasi dengan jeruk nipis. Jika begitu, tentu kamu harus menggunakan alternatif lain.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya