Trik mengiris bawang merah supaya mata nggak perih, ampuh tanpa perlu pakai tisu

Trik mengiris bawang merah supaya mata nggak perih, ampuh tanpa perlu pakai tisu
TikTok/@indonesiansimple

Brilio.net - Di antara berbagai jenis bawang, bawang merah termasuk bumbu dapur yang paling sering digunakan. Aroma bawang merah yang khas selalu bisa membuat masakan jadi semakin sedap. Namun supaya aromanya semakin menyeruak, bawang merah perlu dihaluskan atau diiris terlebih dahulu sebelum siap digunakan.

Saat hendak dijadikan bumbu dasar masakan, sebagian besar orang banyak yang memilih mengiris bawang merah dibandingkan menghaluskannya. Selain karena lebih praktis, hal ini juga bisa menghemat waktu memasak. Bawang merah iris pada dasarnya bisa dijadikan bumbu dasar aneka tumisan atau bahkan diolah jadi bawang goreng renyah.

Walau lebih praktis, mengiris bawang merah terkadang menjadi pekerjaan menantang, lho. Bukan tanpa sebab, mengiris bawang merah seringkali membuat mata perih dan mengeluarkan air mata. Dilansir dari livescience.com, hal tersebut disebabkan oleh lachrymatory, yakni zat kimia yang bisa mengiritasi mata. Ketika bawang merah dipotong, zat ini akan menguap dengan cepat dan mengenai mata, sehingga mata jadi perih atau bahkan mengeluarkan air.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, banyak orang kemudian memutar otak dan mencari cara supaya bawang merah nggak bikin mata perih. Ada yang kemudian memilih menggunakan tisu dibasahi dengan air. Meletakkan tisu basah ini di ujung talenan atau di atas meja ketika mengiris bawang dipercaya bisa bikin mata nggak perih.

Tapi selain memanfaatkan tisu, sebenarnya ada trik lain yang nggak kalah efektif, lho. Trik ini pernah dibagikan oleh seorang chef bernama Martin Praja melalui akun TikTok @indonesiansimple. Dalam video berdurasi 38 detik, Chef Martin mengaku menggunakan bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya