Trik mengukus tim telur ala Chinese Food ini bikin hasilnya lembut dan tak retak

Trik mengukus tim telur ala Chinese Food ini bikin hasilnya lembut dan tak retak
foto: YouTube/Norita Channel

Brilio.net - Memiliki tekstur lembut seperti custard, tim telur kerap jadi pilihan menu saat cuaca dingin atau ketika sakit. Menyantap makanan hangat dengan tekstur lembut memang bisa bikin tubuh lebih rileks. Selain itu, rasa tim telur yang gurih dan ringan cocok untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang.

Selain jadi menu rumahan, tim telur ini juga merupakan hidangan populer di restoran Chinese Food (makanan ala China). Tim telur atau steam egg ala restoran biasanya dibuat dari campuran air dan telur yang dikocok. Adonan telur tersebut lantas dimasukkan ke dalam mangkuk tahan panas (ramekin) dan dikukus.

Karena menggunakan bahan sederhana, banyak orang kemudian membuat sendiri di rumah. Sayangnya, tim telur yang dibuat sendiri biasanya punya tekstur yang berbeda. Hasil telur kukus ini justru terkadang jadi retak, bergelombang, atau mengembang.

Padahal tim telur ala restoran Chinese Food umumnya punya tekstur yang mulus dan lembut. Permukaannya juga tidak retak, sehingga bisa menambah selera makan. Usut punya usut, perlu trik tertentu dalam mengukus tim telur.

Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Norita Channel. Dalam video yang diunggah, dia menunjukkan hasil tim telur yang sangat lembut dan kenyal seperti puding. Untuk mendapat hasil tim telur yang seperti itu, dia menggunakan cara khusus.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya