Trik menyimpan bumbu dapur supaya tak mengeras atau lembap di dalam toples, cukup pakai 1 bahan

Trik menyimpan bumbu dapur supaya tak mengeras atau lembap di dalam toples, cukup pakai 1 bahan
foto: TikTok/@cheriicung

Brilio.net - Siapapun yang memiliki rutinitas masak di rumah, pasti doyan menyimpan aneka bumbu yang lengkap biar lebih mudah berkreasi saat mengolah hidangan di dapur. Tak sekadar garam, gula, lada, dan penyedap rasa saja, tapi bumbu lengkap juga terdiri dari kunyit, ketumbar, pala, dan masih banyak lagi.

Selain hadir dalam bentuk segar, bumbu-bumbu tersebut juga sudah banyak versi bubuknya, sehingga bisa lebih awet saat disimpan di dapur. Biar awet, tak mudah tumpah, dan tak terkontaminasi kotoran, penting untuk meletakkan berbagai bumbu dapur bubuk di dalam toples.

Menyimpan sejumlah bumbu dapur bubuk di toples juga memudahkan untuk mengambilnya saat tengah memasak. Namun, yang kerap jadi permasalahan yakni berbagai bumbu tersebut bisa berubah wujud jadi mengeras dan lembap. Dilansir dari myrecipes.com, hal ini bisa terjadi karena bumbu terpapar udara atau suhu panas.

Kalau bumbu sudah mengeras atau lembap, biasanya jadi sangat sulit dikeluarkan dari toples. Salah seorang warganet akrab disapa Cheri mengaku sering mengalami permasalahan ini, lho. Tetapi, kini ia tak perlu khawatir lagi karena punya trik biar bumbu tak mudah mengeras ataupun lembap.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya