Bukan di freezer, begini cara menyimpan jeruk nipis agar tak kering dan menguning hingga 2 bulan

Bukan di freezer, begini cara menyimpan jeruk nipis agar tak kering dan menguning hingga 2 bulan
YouTube/BADROWI

Brilio.net - Jeruk nipis sering dipakai masak. Rasa asamnya yang kuat bisa menambah cita rasa masakan. Tapi nggak cuma itu, jeruk nipis juga sering dipakai memarinasi daging, ikan, dan ayam untuk menghilangkan bau amisnya.

Punya banyak fungsi membuat tak sedikit orang memilih menyimpan jeruk nipis sebagai stok. Sayangnya, jeruk nipis termasuk bahan dapur yang mudah kering, menguning, dan busuk dalam waktu singkat, nih. Sekalipun disimpan di kulkas, kandungan air pada jeruk nipis bisa berkurang dalam waktu 1-2 minggu.

Untuk mencegah pembusukan jeruk nipis, ada sebagian orang memilih menyimpannya di freezer. Suhu dingin pada freezer dipercaya mampu mencegah proses pembusukan sekaligus membuat jeruk tidak kering. Namun perlu diketahui bahwa menyimpan jeruk nipis dalam kulkas bisa membuatnya berubah beku. Dan kamu harus mencairkannya terlebih dahulu ketika hendak digunakan. Jadi lebih repot nggak, sih?

Padahal tahu nggak, sebenarnya jeruk nipis ini tidak perlu dimasukkan freezer jika hendak memperpanjang masa simpannya, lho. Seorang pengguna YouTube BADROWI pernah membuktikan hal tersebut.

Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya meletakkan jeruk nipis ini chiller atau kulkas bagian bawah. Walaupun begitu, jeruk nipis yang disimpan tetap bisa segar dan tak kuning hingga 2 bulan lamanya. Usut punya usut, pengguna YouTube satu ini punya metode khusus untuk mencegah pembusukan pada jeruk nipis yang disimpan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya