Jangan cuma pakai jeruk nipis, begini trik ampuh menghilangkan bau amis ikan

Jangan cuma pakai jeruk nipis, begini trik ampuh menghilangkan bau amis ikan
TikTok/@newmerapiresto

Brilio.net - Dikenal memiliki protein tinggi, ikan menjadi salah satu bahan makanan yang kerap diandalkan banyak orang. Nggak cuma bernutrisi, ikan juga bisa dimasak dengan berbagai macam bumbu dan metode, mulai dari goreng, tumis, bakar, hingga kukus. Aneka olahan ikan selalu cocok disajikan untuk menu harian.

Namun di balik rasanya yang enak dan tinggi nutrisi, ikan juga perlu diolah secara khusus, lho. Bukan tanpa sebab, ikan pada umumnya memiliki bau amis yang menyengat. Bau amis ini cenderung menempel kuat sekalipun sudah dicuci bersih berkali-kali.

Memang butuh teknik khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Sejumlah orang biasanya mengandalkan perasan jeruk nipis. Jadi, ikan akan direndam atau dimarinasi dengan air jeruk nipis selama beberapa menit. Aroma citrusnya yang kuat dipercaya bisa memudarkan bau amis pada ikan.

Sayangnya, dalam beberapa kasus, air jeruk nipis ini tidak benar-benar menghilangkan seluruh bau amisnya. Jika sangat menyengat, bau amis ini masih tercium bahkan setelah ikan dimasak dengan rempah. Jika sudah begitu, tentu kamu harus menerapkan trik lain.

Beruntungnya, seorang pengguna TikTok @newmerapiresto pernah membagikan trik ampuh untuk menghilangkan bau amis ikan. Tak hanya menggunakan jeruk nipis, dia mengaku memakai bahan tambahan lain untuk menghilangkan bau amis tersebut.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya