Tanpa direbus dan diungkep, ini cara jitu hilangkan bau amis ikan tongkol cuma pakai 2 bahan dapur

Tanpa direbus dan diungkep, ini cara jitu hilangkan bau amis ikan tongkol cuma pakai 2 bahan dapur
foto: YouTube/@riesiagian3598

Brilio.net - Mengolah masakan berbahan ikan memang jadi andalan banyak orang. Selain karena banyak menu yang bisa dibuat, ikan pun mudah didapat di luaran sana. Baik dijual di pasar, tukang sayur, hingga swalayan besar. Salah satu jenis ikan yang mudah dijumpai adalah ikan tongkol.

Meskipun dijual dengan harga ekonomis, ikan tongkol juga tetap tinggi nutrisi. Dilansir dari webmd.com, ikan tongkol merupakan salah satu sumber protein yang baik. Iya, dalam setiap 150 gram ikan tongkol, terdapat 30 gram protein di dalamnya. Oleh karena itu sangat disayangkan jika ikan tongkol dilewatkan begitu saja.

Sayangnya, nggak sedikit orang mengaku enggan untuk mengonsumsi ikan tongkol. Hal ini dikarenakan, seringkali olahan ikan tongkol memiliki aroma amis yang kuat. Tentunya kenikmatan olahan ikan tongkol berkurang meskipun sudah dicampur dengan aneka bumbu dan rempah.

Sebagai solusinya, sebagian orang sengaja merebus hingga mengungkep ikan tongkol terlebih dahulu sebelum memasaknya. Selain menghilangkan bau amis, proses ini juga bertujuan untuk mengempukkan tekstur ikan tongkol.

Namun, cara ini membuat proses memasak ikan tongkol menjadi lebih lama. Belum lagi, jika terlalu matang, ikan tongkol malah bisa jadi hancur saat dimasak.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya