Trik menyimpan kentang potong biar awet dan tak menghitam hingga 2 bulan, bisa jadi stok

Trik menyimpan kentang potong biar awet dan tak menghitam hingga 2 bulan, bisa jadi stok
YouTube/RESEP SEHAT MAMA ANA

Brilio.net - Kentang pada dasarnya termasuk bahan makanan yang awet. Seperti jenis umbi-umbian pada umumnya, kentang dapat awet hingga berbulan-bulan bahkan tanpa kulkas sekalipun. Namun dengan catatan, kentang disimpan dengan benar dan jauh dari area lembap supaya tidak mudah berjamur atau bertunas.

Namun, awetnya jenis umbi ini berlaku jika kondisi kentang masih utuh. Bukan kentang yang sudah dikupas, apalagi dipotong-potong. Karena jika sudah dikupas, kentang biasanya akan lebih rentan busuk dalam waktu beberapa hari saja.

Pembusukan ini bisa diawali dengan adanya oksidasi pada kentang. Oksidasi sendiri merupakan proses ketika permukaan kentang terpapar oksigen dan mengalami perubahan warna jadi abu-abu atau kecokelatan. Jika dibiarkan terlalu lama, terutama dalam kondisi lembap, kentang yang sudah dikupas dan dipotong pun bisa busuk atau bahkan menghitam.

Untuk itu, perlu cara lain saat menyimpan potongan kentang. Beruntungnya, salah satu pengguna YouTube dengan channel bernama RESEP SEHAT MAMA ANA pernah membagikan trik tersebut. Melalui salah satu video unggahannya, dia membeberkan cara menyimpan kentang yang sudah dipotong-potong agar awet hingga dua bulan lamanya, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya