Bermodal kaleng bekas, ini cara membuat cetakan cendol menggunakan 3 alat sederhana

Bermodal kaleng bekas, ini cara membuat cetakan cendol menggunakan 3 alat sederhana
foto: YouTube/Angger Pradesa

Brilio.net - Penggemar minuman tradisional tentu sudah tak asing lagi dengan cendol. Dibuat dari bahan dasar tepung beras, cendol kerap dijadikan sebagai isian minuman, seperti es dawet. Selain untuk minuman tradisional, cendol juga sering dipadukan dengan dessert kekinian seperti campuran es dalgona, thai tea, panna cotta, dan masih banyak lagi.

Saat hendak membuat cendol, tepung beras akan diolah dan diberi pewarna hijau. Adonan cendol ini lantas dicetak melalui alat khusus, sehingga berbentuk buliran memanjang. Hasil akhir cendol yang dicetak biasanya bertekstur kenyal dan lembut.

Cetakan cendol memang dirancang untuk menghasilkan cendol yang cantik. Cetakan ini berbentuk menyerupai gelas aluminium dengan lubang-lubang kecil di bagian bawahnya. Ada juga alat pendorong yang digunakan untuk mendorong adonan cendol saat dimasukkan ke dalam cetakan.

Selain membelinya di pasar, cetakan cendol ini pada dasarnya bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Dengan mengandalkan kaleng bekas, pengguna YouTube Angger Pradesa membuat cetakan cendol yang mirip dengan cetakan aslinya. Dalam video yang diunggah, dia memilih menggunakan kaleng bekas susu kental manis yang sudah dibersihkan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya