Cara membuat croissant ala rumahan, cocok jadi teman minum teh

Cara membuat croissant ala rumahan, cocok jadi teman minum teh
foto: Instagram/@wawawiati

Brilio.net - Croissant merupakan roti yang berasal dari Perancis. Di negara asalnya, roti ini sering disantap sebagai menu sarapan. Roti ini beberapa waktu sempat viral karena dikreasikan jadi crofflee.

Tekstur croissant yang renyah dengan rasa plain membuat roti ini cocok banget jadi teman makan teh. Kamu bisa membuat sendiri di rumah, lho. Penasaran seperti apa resepnya? Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @wawawiati, berikut resep lengkapnya.

Cara membuat croissant ala rumahan, cocok jadi teman minum teh

foto: Instagram/@wawawiati

Bahan:
- 300 gr terigu protein tinggi
- 40 gr gula pasir
- 1 sdt muncung ragi roti instan
- 150 ml susu cair hangat kuku
- 1 butir telur dikocok
- 35 gr margarin
- 1/2 sdt garam
- 100 gr butte atau margarin untuk lapisan pengoles adonan

Cara membuat:
1. Campur rata susu cair, telur dan gula. Masukkan ragi roti. Aduk rata. Diamkan 10 menit sampai muncul gelembung-gelembung kecil. Masukkan terigu sambil diayak. Aduk rata dengan spatula kayu atau tangan. Masukkan garam dan margarin. Uleni hingga lembut dan kalis (tidak perlu sampai kalis elastis seperti roti biasa). Boleh pakai mixer atau manual.
2. Setelah adonan kalis, bagi jadi 10 bagian sama rata. Bulatkan masing-masing bagian, tutup dengan plastik atau cling wrap, diamkan selama 15 menit.
3. Setelah selesai diistirahatkan, gilas tipis setiap bulatan adonan membentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 20 cm. Tabur tipis permukaannya dengan terigu supaya tidak lengket. Lakukan sampai semua adonan selesai ditipiskan.
4. Ambil selembar adonan yang telah ditipiskan, oles tipis merata permukaannya dengan butter, tutup dengan selembar adonan lainnya, oles lagi permukaannya dengan butter, tutup lagi dengan adonan. Lakukan sampai setiap lembar adonan selesai ditumpuk dan dioles butter, untuk lapisan terakhir nggak perlu dioles butter.
5. Bungkus dengan plastik, masukkan ke dalam frezeer sekitar 25 menit sampai adonan agak kaku, tidak terlalu lembut supaya mudah ditipiskan dan dibentuk.
6. Keluarkan dari freezer, gilas tipis membentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 40 cm. Potong jadi 12 bagian sama rata membentuk segitiga.
7. Ambil satu bagian, gulung dimulai dari bagian yang lebar ke arah bagian yang runcing. Susun di loyang. Lakukan sampai habis lalu tutup dengan plastik dan diamkan sampai mengembang hampir 3x lipat.
8. Oles permukaanya dengan kuning telur, panggang dalam oven yang telah dipanaskan dengan api sedang cenderung kecil sampai matang dan berwarna cokelat keemasan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya