15 Tempat makan sate Padang di Yogyakarta, bumbunya khas banget

16 / 02 / 2022 22:01 WIB Hana Rohmahtika
15 Tempat makan sate Padang di Yogyakarta, bumbunya khas banget
Instagram/@sateotentik

Brilio.net - Makanan Indonesia memang kaya akan rempah-rempah dan punya cita rasa khas. Salah satu masakan yang disajikan menggunakan banyak bumbu rempah ialah menu sate. Makanan ini disajikan dengan cara ditusuk menggunakan lidi lalu dibakar. Berbicara soal sate, rasanya setiap daerah memiliki ciri khas sate masing-masing.

Nah, kalau Sumatera Barat juga punya sate ikonik yang diberi nama sate Padang, nih. Kudapan satu ini umumnya terbuat dari daging, lidah, dan jeroan sapi. Disajikan dengan bumbu kacang kental, rasanya lezat dan menggugah selera. Sambal kacang yang menjadi bumbu dari makanan ini dinilai juga berbeda dengan bumbu kacang pada umumnya, lho.

Buat kamu yang mau mencicipi makanan enak ini nggak perlu harus pergi ke Padang. Terutama bagi kamu yang tinggal di Yogyakarta, karena sate Padang sudah banyak dijual di kota pelajar.

Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Rabu (16/2), berikut lima belas tempat makan sate Padang di Yogyakarta.

1. Sate Padang Salero.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@satepadang_salero

Sate Padang Salero menyajikan sate Padang dengan rasa yang terbilang lezat. Tempat makan ini berlokasi di Jl. Andong, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta. Sate Padang di sini memiliki bumbu kacang dengan cita rasa pedas dan gurih. Daging sapi yang disajikan juga punya tekstur lembut. Aroma bakaran juga sedap. Cara penyajiannya terbilang unik karena dilengkapi dengan keripik singkong pedas.

2. Sate Padang asli Kolonel Sugiono.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@teraspinang

Sate Padang asli Kolonel Sugiono ini berlokasi di Jl. Kolonel Sugiyono, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Sate Padang di sini terbuat dari potongan daging dan lidah sapi. Satu porsi biasanya berisikan 7 tusuk sate. Dihidangkan dengan potongan ketupat membuat hidangan ini semakin bikin perut kenyang. Sate Padang asli Kolonel Sugiono buka setiap hari dari jam 16.00-23.00 WIB.

3. Sate Padang Pariaman Ketupat Gulai Tunjang.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@pariamanupdate

Sate Padang Pariaman dikenal memiliki ciri khas tersendiri. Kuah merah dari hidangan legendaris ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kaldu daging, cabai merah, serta bumbu khas lainnya.

Tempat makan ini berlokasi di Jl. Raya Tajem No.2, Denokan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Sate Padang Pariaman Ketupat Gulai Tunjang ini dapat kamu kunjungi setiap hari, mulai dari jam 07.0022.30 WIB.

4. Sate Padang Mak Sharil.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@maksharil

Sedikit berbeda, tempat kuliner yang menyajikan sate Padang ini berbentuk warung tenda tapi selalu dipadati pengunjung. Salah satu daya tarik dari tempat makan ini adalah menu sate Padang yang disajikan masih panas pakai bumbu kacang kental dan berwarna kecokelatan. Taburan bawang goreng yang gurih dan renyah menjadi pelengkap menu lezat sate Padang. Tempat makan ini buka setiap hari dari jam 17.30-22.00 WIB. Lokasinya di Jl. Sultan Agung, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta.

5. Sate Padang Chaniago.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@satepadangchaniago

Tempat makan ini menyediakan beragam menu sate Padang. Ada sate Padang spesial, campur, lidah, maupun sate Padang biasa. Satu porsi sate Padang dijual dengan harga kisaran Rp 15 ribu, sudah berisi 6 tusuk sate dan irisan lontong yang cukup banyak. Kuah kuning yang kental membuat hidangan sate Padang semakin lezat.

Sate Padang Chaniago ini berlokasi di Jl. Persatuan No.40-3, Senolowo, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kamu bisa mengunjungi tempat makan ini setiap hari, mulai dari jam 17.00-23.00 WIB. Di sini juga menyediakan menu hidangan sate ayam, lho.

6. Rumah Makan Sari Bundo.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@satepadangnankanduang

Rumah Makan Sari Bundo dikenal menyajikan sate Padang otentik. Tempat makan ini selalu ramai pengunjung ketika jam makan siang tiba. Meskipun dijuluki rumah makan, namun tempat makan ini terkesan bernuansa lebih seperti kafe mewah.

Sate Padang yang dijual di sini dihidangkan dengan kerupuk kulit yang asin dan gurih. Satu porsinya dibanderol dengan harga kisaran Rp 18 ribu. Tempat makan ini buka setiap hari pada jam 11.00-21.00 WIB. Lokasinya berada di Jl KH. Ahmad Dahlan nomor 91, Ngampilan, Yogyakarta.

7. Sate Padang Ajo Buyuang.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@jajanibukota

Sate Padang Ajo Buyuang berlokasi di Jl Bugisan 24, Yogyakarta. Buka setiap hari, tempat makan ini selalu ramai pengunjung. Bahkan hanya dalam waktu 8 jam saja, sate Padang bisa habis terjual.

Kamu hanya perlu merogoh uang kisaran Rp 15 ribu untuk satu porsi sate Padang. Karena menyajikan sate khas Pariaman, kuah yang tersedia pun berwarna kemerahan. Tidak hanya daging sapi, kamu juga bisa meminta tambahan balungan ayam sebagai pelengkap makanan khas Padang ini.

8. Sate Otentik.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@sateotentik

Tempat makan Sate Otentik tergolong masih baru di Yogyakarta. Meskipun begitu, tempat makan ini terbilang cukup ramai didatangi pengunjung. Memiliki ciri khas tersendiri, di sini kamu bisa mendapatkan sate Padang dengan tambahan tetelan enak dan gurih. Kamu juga bisa memesan menu lain seperti lidah atau daging ayam sesuai selera. Tempat makan ini buka dari jam 15.30-22.00 WIB, berlokasi di Jl. Kapten Piere Tendean, Yogyakarta.

9. Sate Padang Asli.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto : Instagram/@kulineryogya

Tempat makan ini terbilang sudah cukup terkenal di telinga masyarakat Yogyakarta. Salah satu alasannya karena sering dikunjungi food vlogger. Tempat makan ini menyajikan sate Padang daging empuk dengan harga kisaran Rp 10 ribu. Sate Padang Asli berlokasi di Jl Kaliurang Km 5,6, Yogyakarta. Buka dari jam 07.30-21.30 WIB.

10. Sate Padang Mak Syukur.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@satemaksyukur

Tidak kalah legendaris dari lainnya, tempat makan sate Padang ini sudah buka sejak 1941. Berlokasi di Jl. Kusumanegara No 224, Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta. Sate Padang Mak Syukur identik dengan sate lidah yang disajikan bersama irisan ketupat, kuah sate, dan juga bawang goreng yang gurih. Selain sate Padang, di sini juga menyediakan makanan khas lain seperti soto, gado-gado, dan mi tahu Padang.

11. Sate Padang Simpang Raya Tugu.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@kulineryogya

Sate Padang Simpang Raya Tugu menyajikan beragam jenis sate Padang. Mulai dari sate daging sapi, lidah, jantung, hingga sate campur. Kuahnya kaya rempah, kental, dan juga pekat. Kamu bisa mengunjungi tempat makan ini di Jl. Magelang No.109, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta. Buka dari jam 17.00-22.00 WIB, kedai ini menjual sate Padang dengan harga kisaran Rp 18 ribu.

12. Sate Padang Ajo Sikumbang.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@satepadang.ajosikumbang

Dikenal sebagai salah satu tempat makan sate Padang dengan cita rasa khas Pariaman. Tempat makan ini buka dari jam 16.00-23.00 WIB. Sate Padang Ajo Sikumbang berlokasi di Jl. Garuda no. 1 Gatak, Tamantirto, Bantul.

13. Sate Padang Ajo Ramos.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@satepadangajoramos

Sate Padang Ajo Ramos berlokasi di Jl. Kaliurang Km 6.5 dan Jl. Super Raya No. 170, Yogyakarta. Kamu bisa menikmati sajian sate Padang kuah merah khas Pariaman di tempat makan ini. Buka dari jam 15.00-01.00 WIB, satu porsi sate Padang dijual dengan harga Rp 15 ribu. Satu porsi sate Padang terdiri dari 7 tusuk sate daging dan lidah sapi.

14. Sate Padang Asli Pariaman Ajo Paris.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto: Instagram/@satepadangajoparis.yk

Jika kamu berkunjung ke Terminal Condongcatur, kamu pasti bisa langsung mencium aroma sedap dari tempat makan ini. Tempat makan ini berlokasi di Jl. Pandean Sari no.6 Condong Catur, Yogyakarta. Kedai ini buka dari jam 17.00-23.00 WIB.

15. Sate Padang Bang Kumis.

Sate Padang di Yogyakarta  berbagai sumber

foto : Instagram/@seneng.jajan_jogja

Sate Padang Bang Kumis berlokasi di seberang Apotek Kimia Farma Jl. Adisucipto, Yogyakarta. Tempat makan ini buka hingga dini hari, lho. Selain sate Padang, kedai ini juga terkenal dengan keripik singkong balado yang bakal bikin kamu ketagihan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

  • Ayam Saus Inggris

    Ayam Saus Inggris

Review

Selengkapnya