7 Tempat makan rawon legendaris di Surabaya, ada yang buka 24 jam

21 / 03 / 2022 21:01 WIB Shahfara Raida
7 Tempat makan rawon legendaris di Surabaya, ada yang buka 24 jam
foto: Instagram/@momsay_project

Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal dengan rawon? Makanan khas Jawa Timur satu ini sudah sejak lama ada dan tersebar di berbagai daerah Indonesia. Rawon identik dengan kuah hitamnya yang berasal dari kluwek. Di Jawa Timur, masakan satu ini banyak ditemui di Surabaya.

Jika kamu sedang berkunjung ke Surabaya, maka nggak boleh melewatkan untuk mampir ke tempat-tempat makan yang terkenal dengan rawonnya. Saking terkenal enaknya, tak sedikit yang sengaja berkunjung ke Kota Pahlawan ini hanya demi mencicipi seporsi rawon di tempat makan yang terkenal ini.

Selain terkenal karena rasanya yang nggak ada lawan, deretan tempat makan rawon ini juga dikenal legendaris. Sudah ada sejak puluhan tahun lalu, nggak heran kalau deretan tempat makan rawon di Surabaya ini banyak diburu. Selain itu, harganya juga relatif terjangkau dan lokasinya mudah ditemukan.

Penasaran di mana saja lokasinya? Berikut tujuh tempat makan rawon legendaris di Surabaya yang enak dan bikin nagih, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Senin (21/3).

1. Warung Sedap Malam Rawon Kalkulator.

Tempat makan rawon legendaris  berbagai sumber

foto: Instagram/@cindywon988

Warung Sedap Malam Rawon Kalkulator ini legendaris banget di Surabaya. Disebut Kalkulator lantaran sang penjual bisa menghitung harga makanan pelanggan begitu cepat tanpa bantuan kalkulator. Banyak orang yang berlangganan di sini karena daging sapinya yang empuk dan kuahnya gurih abis.

Harga satu porsi rawon di sini dibanderol mulai dari Rp 25.000-an saja. Kamu juga bisa menambah topping perkedel, babat, tempe, paru, dan lain-lain dengan tambahan harga. Lokasinya ada di Jalan Raya Progo, Taman Bungkul Surabaya dan buka mulai jam 11.00 hingga 15.00 WIB.

2. Rawon Nguling Krembangan.

Tempat makan rawon legendaris  berbagai sumber

foto: Instagram/@capturedbyvlntns

Berlokasi di Jalan Kendang Sari Industri Nomor 41 B, Kota Surabaya, Rawon Nguling terkenal legendaris karena sudah buka sejak 1940-an. Rawon di sini terkenal dengan kuahnya yang gurih dan segar, dan disajikan lengkap dengan gorengan dan telur asin. Di sini ada pula rawon iga dan buntut, lho. Lengkap banget, kan? Buka dari pukul 07.30 sampai jam 21.00 WIB, kamu bisa menikmati seporsi rawon dengan harganya mulai dari Rp 26.000 sampai Rp 65.000.

3. Rawon Pak Pangat.

Tempat makan rawon legendaris  berbagai sumber

foto: Instagram/@lennyajo

Di Rawon Pak Pangat ini tersedia berbagai menu rawon yang nggak kalah unik. Ada rawon krengsengan, rawon campur, sampai rawon empal suwir. Harganya juga relatif terjangkau dari Rp 26.000 sampai Rp 36.000-an. Kuah rawon yang gurih dan kental bikin banyak pelanggan senang datang ke sini. Berada di Jalan Ketintang Baru Selatan, Gayungan, Surabaya, Rawon Pak Pangat buka sejak jam 06.00 hingga 21.00 WIB.

4. Rawon Setan.

Tempat makan rawon legendaris  berbagai sumber

foto: Instagram/@onthit

Penggemar kuliner pedas wajib banget mampir ke sini. Sesuai namanya, rawon di sini disajikan dengan rasa super pedas, lho. Selain itu, dagingnya juga disajikan dengan potongan besar-besar dan teksturnya empuk maksimal. Rawon Setan yang berlokasi di Jalan Embong Malang Nomor 78, Genteng, Surabaya ini bisa kamu datangi kapan saja karena buka 24 jam. Harga satu porsi rawon di sini mulai dari Rp 28.000-an saja.

5. Rawon Gajah Mada.

Tempat makan rawon legendaris  berbagai sumber

foto: Instagram/@erwin3010

Dulunya Rawon Gajah Mada ini hanya ada di Sidoarjo, namun kini sudah buka cabang di Surabaya. Lebih tepatnya, terletak di Jalan Raya Jemursari Nomor 17A, Wonocolo. Selain rasanya yang enak, rawon di sini juga punya harga yang bersahabat, yakni Rp 25.000 saja. Kamu bisa datang di antara jam 12.00 WIB sampai jam 23.00 WIB.

6. Rawon Ibu Soepinah.

Tempat makan rawon legendaris  berbagai sumber

foto: Instagram/@liemengliong

Kalau yang satu ini juga nggak kalah unik, nih. Berbeda dengan rawon pada umumnya, rawon di sini disajikan dengan taburan bumbu serundeng yang bikin rasanya semakin lezat. Selain rawon, ada pula menu lainnya seperti nasi campur, bandeng, nasi pecel, dan lain-lain. Dengan menu yang beragam, kamu bisa menikmati seporsi rawon dengan harga mulai dari Rp 25.000. Berada di Jalan Pasar Kembang Nomor 85, tempat makan rawon ini buka mulai dari jam 05.00 WIB sampai jam 12.00 WIB.

7. Nasi Rawon Bu Lilik.

Tempat makan rawon legendaris  berbagai sumber

foto: Instagram/@basukids

Warung satu ini dikenal juga dengan nama Warung Tegal Bu Lilik. Selain rawon, ada pula menu lainnya seperti nasi pecel, nasi kari, nasi lodeh, serta nasi cumi dan semuanya punya rasa yang khas, sederhana, dan berempah. Berlokasi di Jl. Urip Sumoharjo, Surabaya, menu rawon di sini dikenal dengan harganya yang cukup terjangkau. Dibanderol dengan harga Rp 18.000, kamu bisa menikmati seporsi rawon yang bikin nagih.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

  • Ayam Saus Inggris

    Ayam Saus Inggris

Review

Selengkapnya