Berburu camilan tradisional jemunak di pasar Ramadan Gunungpring

Berburu camilan tradisional jemunak di pasar Ramadan Gunungpring
Mgg/Nabila Arkania

Brilio.net - Salah satu kegiatan menyenangkan yang hanya bisa dilakukan pada saat bulan suci Ramadan adalah ngabuburit. Banyak hal yang bisa dilakukan saat ngabuburit seperti jalan-jalan, bercengkrama dengan keluarga, ataupun mencari kulineran untuk berbuka puasa.

Salah satunya area yang banyak menjual aneka jajanan atau takjil adalah pasar Ramadan Gunungpring. Sama halnya dengan pasar Ramadan lainnya, di pasar satu ini banyak pula pedagang yang menjajakan jualannya mulai dari minuman manis, sayur, lauk, gorengan, hingga jajanan tradisional. Namun ada satu keunikan yang tidak ada di pasar Ramadan lainnya, yaitu terdapat camilan tradisional bernama jemunak.

Jemunak merupakan salah satu makanan khas dari Gunungpring, Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Makanan tradisional ini hanya ada di bulan puasa atau Ramadan saja, lho. Selama bulan Ramadan, sebagain warga di sekitar Desa Gunungpring membuat makanan unik ini lalu mereka jual di rumah atau di pasar Ramadan tersebut.

"Sudah mulai dari puasa pertama, kulineran disini banyak dikunjungi oleh sebagian warga hingga orang luar daerah karena hanya ingin membeli dan mencicipi jemunak untuk berbuka puasa," ujar Marsono selaku salah satu pedagang jemunak di pasar Ramadan Gunungpring saat ditemui BrilioFood, Minggu (26/3).

Berburu camilan tradisional jemunak di pasar Ramadan Gunungpring

foto: Mgg/Nabila Arkania

Magang: Nabila Arkania

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya