Caranya cukup pakai sabun pencuci piring yang dicampur air panas dan potongan pelepah pisang. Arya sendiri pakai pelepah pisang yang sudah kering. Ketiga bahan tersebut dimasukkan ke dalam baskom besar, lantaran piring hajatan yang harus dibersihkan cukup banyak, nih.

foto: Facebook/Arya Dwi Pangga

Setelah itu, piring kotor langsung dicelupkan berulang kali sambil diputar-putar agar sisa makanan maupun minyak hilang. Penggunaan pelepah pisang ini jadi kunci biar sisa makanan di piring cepat luruh tanpa digosok menggunakan spons maupun tangan, lho.

foto: Facebook/Arya Dwi Pangga

Setelah semua sisa kotoran di piring hilang, bilas piring di dalam baskom lain yang sudah diisi air bersih. Jika sudah, piring maupun alat makan lain yang sudah dicuci bisa ditiriskan hingga kering. Gimana, cara mencuci piring ini jauh lebih cepat dan cocok ketika hajatan, kan?

foto: Facebook/Arya Dwi Pangga

Video dengan ribuan likes di akun Facebook/Arya Dwi Pangga ini pun disukai 4,9 ribu akun, ditonton ratusan kali, dan dipenuhi lebih dari seratus komentar. Tak sedikit warganet merasa kagum dengan cara mencuci piring ala Arya Dwi Pangga ini, lho.

 

"Mantap keren bersih banget," ujar Facebook/Inrak Karniyh.

"Kami di kampung juga pake pelepah pisang tuk cuci piring saat hajatan..," ungkap Facebook/Erma Duski.

"Lebih bagus air mengalir, kotoran ga menggenang," imbuh Facebook/De Ridwan.

"Perlu dicoba kui," ujar Facebook/Dol Gopur.

"Kl pkai air pns mmng cpt brsh," tambah Facebook/Radma Wati.