7 Cara menanak nasi jagung di rice cooker agar tidak terlalu lembek

7 Cara menanak nasi jagung di rice cooker agar tidak terlalu lembek
YouTube/Naniek lestari

Brilio.net - Jika sedang di kampung halaman atau berkunjung ke wisata tradisional, kamu mungkin sering disuguhkan nasi jagung sebagai menu karbohidrat utama. Biasanya, nasi jagung disajikan bersama lauk pauk khas rumahan seperti sayur lodeh, ikan asin, dan sambal.

Nasi jagung sendiri merupakan makanan yang terbuat dari jagung yang diolah menyerupai beras. Nasi jagung umumnya dijadikan sebagai campuran nasi putih. Perpaduan beras putih dan beras jagung ini menghasilkan cita rasa nasi yang khas.

Membuat nasi jagung pada dasarnya seperti menanak nasi biasa. Namun jika dimasak secara tidak tepat, hasil nasi jagung justru bisa terlalu lembek dan berair. Alhasil, nasi jagung jadi tidak enak apalagi jika disajikan dengan sayur berkuah.

Padahal sebenarnya tidak perlu cara khusus untuk bisa menanak nasi jagung yang enak dan pulen. Kamu bahkan bisa mengandalkan rice cooker jika hendak membuat nasi jagung ini. Akan tetapi, hasilnya pulen dan nikmat, ada beberapa triknya, lho.

Salah satu warganet, pemilik YouTube/Naniek lestari pun tak sungkan berbagi caranya. Melalui video yang diunggah, dia menggunakan beras jagung yang bertekstur kasar (teksturnya menyerupai beras putih). Pemilihan jenis beras ini dapat menghasilkan tekstur nasi pulen dan tidak lembek. Selain beras jagung, siapkan juga sedikit beras putih, ya.

Lebih jelasnya, yuk simak cara membuat nasi jagung yang sudah BrilioFood rangkum dari YouTube/Naniek lestari pada Minggu (9/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya