Seorang pengguna YouTube bernama Imam Maliki membagikan sebuah cara mudah menyimpan donat yang mudah ditiru. Lewat unggahannya di channel YouTube/IMAM MALIKI, pria yang berjualan donat ini menunjukkan cara yang bisa bikin donat tetap empuk dan nggak keriput sampai satu minggu berhari-hari lamanya, lho. Dalam videonya, donat yang sudah digoreng rupanya perlu ditiriskan dan dibiarkan hingga suhunya dingin.

"Cara ini bisa bertahan sampai kurang lebih seminggu," tulis Imam pada keterangan videonya, dikutip BrilioFood pada Selasa (3/1).

foto: YouTube/IMAM MALIKI

Jika suhunya sudah dingin usah ditiriskan, donat kemudian ditata dalam box tertutup. Bisa juga dimasukkan ke dalam plastik yang bisa ditutup rapat. Nah, donat yang sudah dikemas tersebut ternyata disimpan di dalam freezer. Usut punya usut, donat yang teksturnya beku setelah disimpan di freezer justru mencegah keriput dan basi.

foto: YouTube/IMAM MALIKI

Saat beku, tekstur donat memang jadi keras. Tapi tak perlu khawatir, tekstur donat bisa kembali empuk seperti saat baru digoreng setelah dikeluarkan dari freezer.Untuk mengembalikan teksturnya tersebut, donat perlu didiamkan selama 2 jam lamanya di suhu ruang agar kembali empuk.

Jika teksturnya sudah kembali seperti semula, donat siap diberi topping sesuai selera. Dalam video tersebut, Imam sendiri mengaku tidak menggoreng lagi donat yang sudah disimpan. Dia langsung membaluri donat dengan toping ketika teksturnya sudah empuk dan lembut. Hal ini turut diungkapkan ketika ada salah satu warganet yang bertanya di kolom komentar.

foto: YouTube/IMAM MALIKI

"Setelah 2 jam langsung ditoping atau di goreng ulang mba," tanya YouTube/Dwi Cahyaningrum.

"Bisa langsung di topping tanpa di goreng lagi," sahut YouTube/IMAM MALIKI.

Namun jika ingin menyantap donat dalam kondisi hangat, kamu bisa menggorengnya lagi sebelum donat diberi topping. Tapi jangan goreng terlalu lama agar donat tidak terlalu keras. Diunggah sejak Septembar 2022 lalu, video dengan judul 'Cara menyimpan donat tetap empuk dan tahan lama' tersebut pun sudah ditonton hingga ribuan kali.