Mudah dipraktikkan, ini cara memperbaiki tombol rice cooker susah ditekan

Mudah dipraktikkan, ini cara memperbaiki tombol rice cooker susah ditekan
YouTube/Klutakklutik

Brilio.net - Rice cooker jadi salah satu alat elektronik yang digunakan hampir setiap hari. Alat satu ini diandalkan sebagai penanak nasi. Namun, karena terlalu sering digunakan, menjadi hal yang lumrah apabila rice cooker jadi rusak.

Salah satu masalah yang bisa terjadi pada rice cooker adalah tombol yang disebut switch mengalami masalah, yakni susah ditekan. Padahal, tombol satu ini memiliki peran penting untuk menanak nasi. Tombol switch berfungsi mengubah mode warma menjadi cook, begitu pula sebaliknya.

Apabila tombol switch ini susah ditekan atau rusak, akibatnya rice cooker menjadi tidak bisa digunakan kembali untuk menanak nasi. Terdapat dua kondisi jika tombol switch rusak, yaitu nasi tidak matang atau nasi menjadi hangus.

Kasus pertama, yang menyebabkan nasi tidak matang karena temperatur limiter ini akan memutuskan arus ke elemen pemanas sebelum mencapai suhu 140-180 derajat celcius. Sebaliknya, nasi hangus atau gosong dikarenakan temperatur limiter tidak memutus arus ketika nasi telah matang. Akibatnya arus terus mengalir ke elemen pemanas, sehingga nasi menjadi hangus dan gosong.

Sebagai solusinya, tak jarang sebagian orang memilih untuk menekan tombol switch menggunakan alat tajam seperti garpu dan pisau. Padahal penggunaan garpu atau pisau bisa meninggalkan goresan di permukaan rice cooker. Terlebih, tombol switch tidak bisa diperbaiki dengan cara begitu saja.

Namun, kamu tak perlu khawatir jika mengalami masalah dengan tombol rice cooker. Nggak perlu tergesa-gesa ke tukang servis rice cooker, kamu bisa melihat dan meniru cara yang dibagikan oleh pengguna YouTube dengan nama Klutakklutik.

“Nah ini tombol pemanasnya susah diteken, harus keras dulu baru dia bisa. Nah, kali ini kita coba bagaimana mengatasinya,” ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube/Klutakklutik pada Minggu (1/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya