Cara memperbaiki panci rice cooker penyok agar nasi bisa cepat matang

Cara memperbaiki panci rice cooker penyok agar nasi bisa cepat matang
YouTube/Caprindo Service

Brilio.net - Rice cooker jadi salah satu alat elektronik yang pasti ada di rumah. Kini, sebagian besar orang bahkan memilih menggunakan rice cooker untuk menanak nasi yang dikonsumsi setiap hari. Namun karena terlalu sering digunakan, sangat mungkin rice cooker mengalami kerusakan.

Salah satu masalah yang kerap dialami sebagian orang adalah nasi yang dimasak di rice cooker justru matang lebih lama. Bahkan tak jarang, butuh waktu berjam-jam untuk menunggu nasi di rice cooker matang. Padahal umumnya memasak nasi di rice cooker hanya membutuhkan waktu 20-35 menit (tergantung sedikit banyak beras yang dimasak).

Usut punya usut, lama waktu memasak di rice cooker ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, lho. Salah satunya karena bagian dasar pancirice cooker ternyata penyok. Tapi bagaimana bisa panci rice cooker yang penyok bisa memengaruhi proses menanak nasi, ya?

Nah, sebelumnya kamu perlu tahu bahwa rice cooker memiliki elemen pemanas dan termostat magnet yang terletak di bagian dalam. Elemen pemanas ini berbentuk seperti lingkaran, sedangkan bulatan kecil yang menonjol di tengahnya adalah thermostat magnet. Kedua alat tersebut berfungsi membantu menghantarkan panas ke panci rice cooker dan membuat nasi jadi matang.

Sedangkan panci rice cooker penyok biasanya tidak bisa menyentuh kedua alat tersebut dengan baik. Hal inilah yang kemudian membuat panci rice cooker tidak bisa menerima suhu panas dengan maksimal. Sehingga nasi yang dimasak matang lebih lama hingga berjam-jam.

Hal tersebut rupanya pernah dijelaskan oleh salah satu tukang servis alat elektronik. Dikutip BrilioFood dari YouTube/Caprindo Service pada Senin (12/12), dia menyebutkan bahwa masalah nasi yang susah matang bisa karena kondisi panci rice cooker yang penyok. Melalui video tersebut dia pun memperlihatkan pula bagian dasar panci yang cenderung melengkung ke atas.

Cara memperbaiki panci rice cooker penyok agar nasi bisa cepat matang

foto: YouTube/Caprindo Service

"Nasinya belum mateng tapi magic com nya sudah jeglek duluan, nah ini dia masalahnya. Masalah yang sering timbul itu di pancinya, pancinya itu sering penyok," jelasnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya