Brilio.net - Kerajinan yang terbuat dari tanah liat berupa gerabah memiliki fungsi dan bentuk yang bermacam-macam. Ada gerabah yang berfungsi sebagai hiasan seperti gantungan kunci, guci, patung, dan lain sebagainya. Ada pula gerabah yang memiliki fungsi sebagai alat dapur seperti jadi piring, gelas, teko, panci, wajan, dan sebagainya.

Alat-alat dapur berbahan gerabah yang baru dibeli biasanya memiliki bau khas tanah liat, bahan baku pembuatannya. Karena tercium cukup kuat, tentunya aroma tersebut sangat mengganggu. Jika tidak segera dihilangkan, aroma tanah ini bisa mencemari makanan atau minuman yang dimasukkan ke dalam gerabah tersebut.

Bau tanah liat bisa membawa efek kurang baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu, sebelum digunakan, peralatan dapur berbahan gerabah harus dibersihkan terlebih dahulu.

Salah seorang pengguna YouTube/Keluarga Kocak82 membagikan cara ampuh menghilangkan aroma tanah yang ada di peralatan dapur berbahan gerabah. Bahan-bahan yang perlu disiapkan pun terbilang mudah ditemukan.