Melainkan, Ketut Darmanto menggunakan pasta gigi, yang pastinya semua orang memilikinya di rumah. Ia juga menjelaskan, cara ini tak hanya bisa dipraktikkan pada pisau saja, tapi juga golok lama yang karatnya sudah sangat tebal. Lantas, apa bisa pasta gigi membersihkan noda karat pada pisau sampai mengilap lagi seperti semula?

"(Karatnya) nggak (balik lagi) bosq klau benar perawatanya," jelas Ketut dikutip BrilioFood dari YouTube ketut darmanto pada Minggu (5/3).

Pertama-tama, oleskan pasta gigi secukupnya ke bilah pisau, terutama pada bagian yang berkarat. Setelah itu, gosok menggunakan sabut kawat selama beberapa saat. Kalau dirasa karatnya sudah mulai luntur, pisau bisa dibilas menggunakan air.

foto: YouTube/ketut darmanto

Ketut Darmanto menambahkan, kalau masih ada sisa karat yang sulit hilang meski sudah digosok, kamu bisa ganti alat untuk menggosoknya dengan amplas. Oleskan dulu pasta giginya, kemudian baru digosok menggunakan amplas. Punya permukaan yang kasar, pastinya noda karat jauh lebih mudah hilang apabila dibersihkan menggunakan amplas.

foto: YouTube/ketut darmanto

Setelah noda karat pada pisau benar-benar hilang, pisau bisa dicuci dulu pakai sabun maupun langsung dibilas saja menggunakan air mengalir. Nah, pisau milik Ketut Darmanto yang sebelumnya kehitaman karena karat, hasilnya jadi kinclong lagi usai dibersihkan dengan cara ini, lho.

foto: YouTube/ketut darmanto

Pasta gigi, dilansir dari thehealthyjournal.com, dapat bermanfaat untuk menghilangkan karat karena sifatnya abrasif. Makanya saat digosok pada noda karat di pisau, nodanya mudah luntur dan bersih lagi. Di sisi lain, seperti yang dijelaskan Ketut Darmanto sebelumnya, karat pada pisau ini juga tak akan mudah kembali lagi selama cara merawat pisaunya tepat.

Dilansir dari knifewear.com, cara paling sederhana untuk merawat pisau agar tak mudah berkarat yaitu dengan rajin membersihkan dan tak membiarkannya dalam keadaan basah dalam waktu lama. Jadi, usai pisau dicuci, sebaiknya segera dikeringkan menggunakan tisu maupun lap bersih.

Gimana, simpel banget kan cara membersihkan karat membandel dari pisau? Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube ketut darmanto, banyak warganet yang turut antusias ingin mencoba cara ini, lho.

"Mas itu amplas grit brp ?
Terimakasih ilmunya, saya juga dulu pernah ngilangin karat pke besi cuci piring + sunlight, gak nyangka bisa buat ilangin bekas HT/Sepuhan juga . :)," tanya YouTube Achyar Al - Jakarti.

"Baru tahu ada cara se gampang dan semudah ini," ungkap YouTube Mbah Alif.

"Akhirnya dari kmren nyikat pake auto sol gk kinclong2, pake ni aj," ujar YouTube Ferdyans Ichsan.

"Kalau pake odol karat lagi gk mas tolong di jawab," imbuh YouTube n3nro4_.