10 Kesalahan saat masak ketupat ini perlu dihindari, bikin cepat basi

10 Kesalahan saat masak ketupat ini perlu dihindari, bikin cepat basi
foto: Instagram/@regunancha

Brilio.net - Selain beragam kue kering, berbagai menu masakan berat juga jadi makanan wajib saat Lebaran, salah satunya adalah ketupat. Makanan yang terbuat dari bahan dasar berat ini sering jadi pilihan pengganti nasi untuk disantap bersama opor ayam, sambal goreng kentang atau sambal krecek.

Ketupat berisikan beras yang dimasukkan ke dalam anyaman yang terbuat dari daun kelapa atau janur. Bentuknya bervariasi, namun biasanya ketupat berbentuk wajik. Untuk menghemat waktu, biasanya orang membeli anyaman ketupat yang dijual di pasaran.

Banyak orang yang membuat ketupat sendiri di rumah. Selain harganya yang jauh lebih murah, kualitas bahannya pun bisa terjamin aman dan higienis. Namun sayang, masih banyak orang yang tidak tahu trik membuat ketupat agar bisa bertahan lama.

Tak sedikit yang membuat ketupat, namun hasilnya justru mudah berlendir, teksturnya keras, lembek, bahkan tidak bisa bertahan lama alias cepat basi. Bisa jadi karena kamu melakukan beberapa kesalahan saat membuat ketupat. Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Rabu (27/4), berikut 10 kesalahan saat membuat ketupat yang wajib dihindari.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya