15 Cara membersihkan kerak pantat wajan, hasilnya kinclong seperti baru lagi

15 Cara membersihkan kerak pantat wajan, hasilnya kinclong seperti baru lagi
foto: YouTube/Suher Manto

Brilio.net - Bagian bawah wajan yang kerap disebut pantat wajan memang rentan kotor lantaran sering terpapar api kompor secara langsung. Paparan tersebut lama-kelamaan dapat membuat pantat wajan jadi gosong. Terkadang, sejumlah orang hanya fokus membersihkan bagian dalamnya saja, sehingga noda di pantat wajan justru menumpuk dan berubah menjadi kerak tebal.

Kalau kerak di pantat wajan sudah tebal, pasti akan sulit dibersihkan meski sudah digosok dengan sabut kawat pencuci piring. Akhirnya, banyak orang yang membeli bahan pembersih khusus untuk membersihkan wajan. Namun harga bahan pembersih tersebut juga relatif mahal.

Selain membeli bahan pembersih khusus, kamu juga bisa membersihkan bagian pantat wajan dengan memanfaatkan alat dan bahan yang tersedia di rumah, lho. Bahan yang bisa digunakan sebagai tambahan bahan pembersih adalah baking soda, sabun cuci piring, cuka, hingga pasta gigi.

Campuran bahan-bahan tersebut dapat membantu mengangkat kerak gosong yang membandel di pantat wajan. Penasaran kan seperti apa caranya? Yuk simak 15 cara membersihkan kerak pantat wajan yang dihimpun BrilioFood dari berbagai sumber pada Kamis (29/2).

1. Digosok pakai pasta gigi, pembersih lantai, dan pasir.

15 Cara membersihkan kerak pantat wajan, hasilnya kinclong seperti baru lagi

foto: YouTube/IDE KREATIF CHANNEL

Pengguna YouTube IDE KREATIF CHANNEL mengaku punya racikan pembersih khusus untuk menghilangkan kerak di pantat wajan. Penasaran bahan-bahan yang dipakai apa saja?

Dilansir BrilioFood dari YouTube IDE KREATIF CHANNEL, bahan-bahan yang dipakai adalah pasta gigi dan cairan pembersih lantai. Caranya, campurkan kedua bahan ini ke dalam wadah berisi air. Aduk-aduk sampai tercampur sempurna.

Setelah tercampur, ia juga menambahkan satu bahan lainnya, yakni pasir. Jenis pasir yang digunakan bisa disesuaikan dengan yang ada di sekitaran rumah. Namun, usahakan dalam keadaan tidak terlalu kotor, ya. Kalau tidak ada, pasir juga bisa digantikan dengan abu gosok. Aduk sampai tercampur rata.

Di sisi lain, basahi terlebih dahulu pantat wajan pakai air biasa. Setelah basah, baru olesi pantat wajan pakai cairan racikan pembersih yang sudah dibuat.

"Semuanya harus diolesin sampai rata, lalu diamkan selama 3-5 menit," ucapnya.

Setelah didiamkan selama 3-5 menit, langsung gosok pantat wajan pakai spons kawat. Karena sudah didiamkan pakai racikan pembersih tadi, kerak di pantat wajan langsung bersih seketika. Lakukan cara ini sampai pantat wajan bersih dan mengilap lagi, ya.

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya