15 Cara mengusir semut ini praktis, andalkan bahan rumahan sederhana

15 Cara mengusir semut ini praktis, andalkan bahan rumahan sederhana
YouTube/Yusuf Banyuwangi

Brilio.net - Semut termasuk serangga yang kerap muncul di beberapa sudut rumah, termasuk area dapur. Salah satu alasannya karena terdapat banyak makanan manis seperti gula pasir dan kecap ada di dapur. Jika wadah gula dan kecap tidak ditutup dengan rapat, semut pun akan langsung mengerubunginya.

Tak hanya di wadah gula dan kecap, semut juga kerap masuk ke masakan yang diletakkan di meja dapur atau meja makan. Oleh karena itu, tak sedikit orang mencari cara untuk mengusir semut di rumah. Biasanya, banyak yang menambahkan kapur barus untuk mengusir semut.

Namun belakangan, banyak juga bahan alami yang ternyata cukup ampuh untuk mengusir semut, lho. Ada yang menggunakan kulit jeruk, garam, hingga cuka.

Lantas seperti apa langkah-langkahnya? Yuk, simak 15 cara mengusir semut yang telah dihimpun BrilioFood dari berbagai sumber pada Selasa (2/4).

1. Disemprot pakai larutan garam.

15 Cara mengusir semut ini praktis, andalkan bahan rumahan sederhana

foto: TikTok/@mysumber

Pengguna TikTok @mysumber pernah membagikan cara untuk mengusir semut. Dia hanya mengandalkan satu bumbu dapur saja. Meski begitu, segerombolan semut bisa menjauh dengan sendirinya, lho.

Bukan pakai kapur barus atau tepung maizena, ia hanya memakai satu bumbu dapur, yakni garam. Menurutnya, bahan dapur satu ini bisa membuat tubuh semut rapuh dan dehidrasi. Nah, caranya rebus terlebih dahulu air di dalam panci. Kalau sudah mendidih, baru masukkan garam, aduk-aduk sampai larut sempurna.

Kalau sudah, matikan api kompor lalu pindahkan larutan garam ke dalam botol spray. Setelah terisi, tutup botol spray rapat-rapat. Racikan pengusir semut pun sudah jadi dan bisa langsung dipakai.

Cara pengaplikasiannya, tinggal semprotkan larutan garam ke area yang sedang dikerubungi semut. Warganet ini menyemprotkan larutan garam di area balkon rumahnya. Setelah disemprotkan, tanpa menunggu lama, segerombolan semut pun pergi dengan sendirinya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya