15 Cara mengusir tikus pakai bahan sederhana, mudah dan ampuh

15 Cara mengusir tikus pakai bahan sederhana, mudah dan ampuh
YouTube/TEGUH UTOMO KITCHEN

Brilio.net - Tikus merupakan hewan pengerat yang meresahkan. Pasalnya, hewan satu ini kerap masuk ke dalam rumah dan membuat sarang. Jika sudah membuat sarang, sangat mungkin jika populasi tikus semakin banyak karena terus berkembang biak.

Tak hanya membuat sarang, tikus juga biasanya akan menggerogoti bahan makanan yang ada di rumah. Baik stok makanan maupun masakan yang disimpan di lemari atau ditaruh atas meja. Parahnya lagi, tikus berisiko tinggi membawa berbagai penyebab penyakit.

Oleh karena itu, sejumlah orang biasanya membuat racun atau perangkap untuk mengusir tikus dari rumah. Saat ini ada banyak racun sekaligus perangkap tikus yang dijual di pasaran. Tapi kalau kamu nggak mau beli, bisa lho membuat racun atau perangkap tikus sendiri dengan bahan sederhana yang ada di rumah.

Bahan-bahan sederhana untuk membuat racun maupun perangkap tikus tersebut juga mudah didapat. Karena kamu bisa memanfaatkan bahan dapur, seperti baking soda, bawang merah, maupun lainnya.

Nah, berikut BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (27/2), 15 cara mengusir tikus pakai bahan sederhana, mudah dan hasilnya ampuh.

1. Buat larutan cabai.

15 Cara mengusir tikus pakai bahan sederhana, mudah dan ampuh

foto: YouTube/TEGUH UTOMO KITCHEN

Pengguna YouTube TEGUH UTOMO KITCHEN menggunakan metode sederhana untuk mengusir tikus dengan memanfaatkan satu bahan dapur, yakni cabai.

"Jadi cara ini pas aku praktikkan, manjur sekali," terang YouTube TEGUH UTOMO KITCHEN.

Dalam video tersebut, ia memanfaatkan empat buah cabai hijau. Nah, cabai ini dihaluskan menggunakan cobek dan ulekan.

Setelah halus, tambahkan sedikit air dan aduk-aduk lagi sampai cabai larut. Selanjutnya, pindahkan air cabai ini ke wadah. Lalu tuang lagi airnya sampai memenuhi wadah.

Nah, wadah berisi air cabai ini dapat diletakkan di area rumah yang sering didatangi tikus, seperti dapur atau tempat makan. Dalam video tersebut, pengguna YouTube TEGUH UTOMO KITCHEN menjelaskan lebih lanjut tentang fungsi sekaligus cara kerja air cabai ini untuk mengusir tikus.

"Kenapa saya memakai air cabai? Karena tikus itu biasanya kalau pagi, siang, kalau nggak sore dia minum. Nah, dia akan mencari tempat minum saat dia haus. Kalau dia minum air cabai ini, dia akan kepedasan dan pergi dari rumah kita," jelasnya lebih lanjut.

2. Buat umpan pakai bakso dan soda kue.

15 Cara mengusir tikus pakai bahan sederhana, mudah dan ampuh

foto: YouTube/Mas Tole TV

Banyak orang menggunakan lada bubuk untuk mengusir tikus. Namun kalau tidak mau pakai lada bubuk, kamu bisa memakai bahan dapur lain. Sama seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube Mas Tole TV yang memanfaatkan soda kue.

"Basmi tikus dengan soda kue agar lenyap dari rumah," tulisnya di keterangan video.

Selain soda kue, siapkan bakso sebagai umpan tikus.

"Si pentol ini untuk menarik nafsu makannya tikus temen-temen, langsung kita potong aja kecil-kecil," ujarnya.

Jika sudah, masukkan potongan bakso ke mangkuk. Nah, untuk racunnya, tambahkan soda kue lalu aduk sampai seluruh permukaan bakso terlumuri.

"Soda kue ini berefek ke perutnya nanti mengembang terus habis itu dia lari ke luar mencari tempat yang lebih luas temen-temen. Kalau tidak kuat, tikus itu akan mati," ungkapnya lebih lanjut.

Langkah selanjutnya, taruh racun yang sudah dibuat di area-area yang sering dilewati tikus. Kalau warganet satu ini menaruh racun tikus di koridor dapurnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya