15 Cara membersihkan kerak di tungku kompor cuma pakai bahan sederhana, kinclong seperti baru lagi

15 Cara membersihkan kerak di tungku kompor cuma pakai bahan sederhana, kinclong seperti baru lagi
foto: YouTube/CahGunuNg; YouTube/Zulaikha pratiwy

Brilio.net - Tungku kompor adalah bagian penting dari kompor. Bukan tanpa alasan, bagian ini berfungsi sebagai penyangga alat masak saat ditaruh di atas kompor. Hal inilah yang menyebabkan bagian tungku kompor mudah sekali kotor. Iya, karena cipratan minyak ataupun tumpahan masakan langsung jatuh di permukaan tungku kompor.

Kalau didiamkan begitu saja, noda-noda tersebut akan mengerak di permukaan tungku kompor. Alhasil, membersihkannya jadi pekerjaan rumah yang lebih sulit dilakukan.

Tapi sebenarnya ada cara praktis yang dilakukan untuk membersihkan kerak di tungku kompor. Bahan-bahan pembersihnya juga terbilang mudah didapat di luaran sana.

Dengan memanfaatkan bahan-bahan pembersih sederhana, kamu bisa mendapatkan tungku kompor kembali kinclong. Bahkan tampilannya nggak jauh berbeda seperti tungku kompor baru, lho.

Berikut 15 cara membersihkan kerak di tungku kompor cuma pakai bahan sederhana, kinclong seperti baru lagi, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Rabu (21/2).

1. Dioles pasta gigi dan sabun cuci piring, lalu didiamkan selama 15 menit.

15 Cara membersihkan kerak di tungku kompor cuma pakai bahan sederhana, kinclong seperti baru lagi

foto: Instagram/@skill.rumahan

Pertama, racik dulu bahan-bahannya dari pasta gigi dan sabun cuci piring. Yup, itulah dua bahan utama untuk membersihkan noda kerak tungku kompor. Aduk hingga dua bahan rata tanpa perlu menambahkan air. Kemudian, oleskan racikan bahan ke seluruh bagian tungku kompor yang berkerak menggunakan kuas atau sikat gigi bekas.

"Diamkan selama 15 menit, lalu bilas pakai air bersih," imbuh pemilik akun Instagram @skill.rumahan yang membagikan cara ini.

Usai didiamkan, pemilik akun Instagram @skill.rumahan langsung membilas tungku kompornya. Tetapi, jika masih ada noda tertinggal, kamu bisa mengulangi trik yang sama satu kali lagi.

2. Dioles lalu digosok pakai baking soda dan cuka makan.

15 Cara membersihkan kerak di tungku kompor cuma pakai bahan sederhana, kinclong seperti baru lagi

foto: YouTube/Nurjannah

Untuk membersihkannya, kamu bisa langsung menaburkan soda kue ke seluruh permukaan tungku kompor. Lalu ratakan soda kue pakai tangan kosong.

"Ini aku pakai stok soda kue yang ada di rumah aja, bahkan ini udah expired jadi aku pakai untuk ngebersihin aja," terang pemilik trik seperti disampaikan dalam akun; YouTube Nurjannah.

Setelah merata, tuang beberapa tetes cuka ke permukaan tungku kompor. Tampak langsung muncul beberapa gelembung hasil reaksi campuran soda kue dan cuka makan. Agar bekerja secara maksimal, diamkan terlebih dahulu tungku kompor selama 2 jam.

Gosok permukaan tungku kompor pakai sikat gigi bekas. Kalau sudah, diamkan selama 2 jam. Karena sudah direndam larutan pembersih, kerak gosong jadi mudah dihilangkan.

Kalau sudah digosok, bilas tungku kompor dengan air mengalir. Nah, tampilan tungku kompor pun langsung berubah. Nggak ada lagi kerak gosong yang tersisa di permukaannya.

Kalau mau bersih maksimal, kamu bisa mengulangi cara yang sama sebanyak dua sampai tiga kali. Dengan begitu, tungku yang sudah bersih maksimal bisa dipasang kembali ke badan kompor.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya