15 Resep serundeng daging sapi spesial Idul Adha, tahan lama, empuk, dan gurihnya bikin nagih

15 Resep serundeng daging sapi spesial Idul Adha, tahan lama, empuk, dan gurihnya bikin nagih
foto: Instagram/@rykamegah; Instagram/@mbekalin_kiki

Brilio.net - Serundeng dikenal sebagai salah satu makanan khas Indonesia. Terbuat dari bahan dasar kelapa parut, serundeng kerap dipadukan dengan berbagai macam bahan makanan, salah satunya adalah daging sapi. Serundeng daging sapi merupakan menu makan spesial yang terkadang hanya disajikan saat acara besar, seperti Idul Adha.

Idul Adha atau Hari Raya Kurban memang identik dengan makan daging. Tak hanya kambing, daging sapi juga menjadi salah satu hewan yang banyak dikurbankan saat Idul Adha. Nggak heran jika kemudian berusaha mengkreasikan daging sapi jadi berbagai macam olahan, seperti serundeng ini.

Penggunaan kelapa parut pada serundeng ini menimbulkan cita rasa gurih manis yang khas, lho. Selain itu, kelapa parut juga bikin tekstur serundeng daging jadi makin lezat. Ada sensasi tersendiri saat menyantapnya.

Dan nggak cuma enak, serundeng daging juga dikenal tahan lama, lho. Karena dimasak dalam waktu yang lama sampai kelapa dan dagingnya kering, serundeng ini bahkan bisa awet hingga 1 minggu di suhu ruang. Alhasil, banyak orang kemudian memanfaatkan serundeng ini sebagai stok lauk makan di rumah.

Buat kamu yang ingin memasak serundeng daging sapi untuk sajian Idul Adha, yuk langsung simak kompilasi resep-resepnya berikut yang telah dirangkum BrilioFood pada Kamis (22/6).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya