Cukup direbus sekali, begini cara masak empal daging agar empuk walau tanpa presto

Cukup direbus sekali, begini cara masak empal daging agar empuk walau tanpa presto
YouTube/Super Indo

Brilio.net - Ada banyak sekali bagian sapi yang bisa diolah jadi menu lezat. Salah satunya adalah bagian sengkal yang cocok dimasak jadi empal daging. Daging sengkel ini memiliki lemak dan urat di beberapa bagiannya. Jika hendak dibuat empal, bagian sapi ini sangat cocok karena lemak dan uratnya bikin hasil masakan jadi semakin gurih.

Empal daging termasuk salah satu makanan khas Nusantara yang dibuat dengan berbagai macam rempah. Penggunaan rempah ini menambah cita rasa empal daging jadi makin lezat, lho. Selain itu, bumbu empal ini semakin kaya dengan tambahan gula merah. Jadi nggak cuma gurih, cita rasanya juga manis.

Namun sebelum siap dimasak dengan rempah, daging sengkel ini biasanya harus diolah terlebih dahulu. Seperti membuat olahan daging pada umumnya, daging yang dipakai biasanya akan direbus agar lebih empuk. Saat membuat empal daging, hal tersebut juga harus dilakukan agar teksturnya empuk dan daging enak disantap.

Untuk mempercepat proses perebusan, panci yang dipakai juga merupakan panci khusus. Banyak orang mengandalkan panci presto yang bisa menekan suhu panas dan membuat daging cepat empuk. Walau efektif, tapi tentu tidak semua orang memiliki panci khusus ini di rumah.

Di sisi lain, penggunaan panci biasa memang bisa membuat proses perebusan jadi lebih lama. Terlebih, membuat empal daging harus melalui tahap perebusan hingga dua kali. Tentu hal ini bisa bikin boros gas dan waktu memasak jadi lebih lama.

Jika kamu ingin memasak empal daging, ada cara khusus yang bisa diterapkan. Pengguna YouTube Super Indo pernah membagikan cara membuat empal daging dalam sekali rebus. Walau tidak menggunakan presto, daging empal yang digunakan bisa empuk sempurna, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya