5 Cara bikin bubur ketan hitam yang lembut dan enak agar hemat gas

5 Cara bikin bubur ketan hitam yang lembut dan enak agar hemat gas
YouTube/Shoffiyyah Soleh

Brilio.net - Bubur ketan hitam bisa dinikmati sebagai menu sarapan maupun hidangan penutup. Rasanya yang manis dan bertekstur lembut bikin nagih. Selain enak, mengonsumsi ketan hitam juga bisa memberikan rasa kenyang. Yup, karena ketan hitam pun mengandung serat yang cukup tinggi.

Kendati begitu, tidak sedikit orang malas membuat bubur ketan hitam karena prosesnya terkenal lama. Tentunya dengan proses memasak yang lama, gas yang diperlukan pun semakin boros. Mereka pun lebih memilih membeli bubur ketan hitam jadi di pasaran.

Namun ternyata, ada lho cara cepat membuat bubur ketan hitam supaya gas pun tidak cepat habis. Nah, cara yang ditunjukkan oleh warganet bernama Shoffiyyah Soleh ini tak memerlukan proses perendaman ketan hitam sebelum diolah menjadi bubur. Selain itu, ia pun melakukan teknik khusus saat mengolah bubur ketan hitam agar proses memasak menjadi singkat dan hemat gas.

Meski tak melalui perendaman, namun bubur ketan hitam yang dihasilkan tetap memiliki rasa manis, legit, dan juga bertekstur lembut.

"Praktis, tanpa direndam, tapi tetap empuk dan enak. Aku pake metode 5-30-7 yang hemat gas, ekonomis tapi hasilnya maksimal" ujarnya.

Jadi penasaran kan, bagaimana cara membuatnya? Berikut telah BrilioFood rangkum dari YouTube Shoffiyyah Soleh pada Sabtu (7/1).

Bahan yang dibutuhkan:
- 500 gr beras ketan hitam
- 2 liter air dicampur 100 ml tambahan
- 8 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya