5 Cara bikin cincau hijau ala abang-abang, kenyal dan antigagal

5 Cara bikin cincau hijau ala abang-abang, kenyal dan antigagal
TikTok/@lintangwahyuni5

Brilio.net - Saat cuaca sedang panas, menyantap minuman dingin menjadi suatu pilihan tepat. Saat ini tersedia berbagai pilihan minuman menyegarkan. Dari minuman tradisional hingga aneka kekinian. Meskipun begitu, salah satu minuman tradisional es cincau tetap menjadi andalan bagi sebagian orang.

Es cincau terdiri dari cincau sebagai bahan utamanya yang dipadukan dengan santan dan gula Jawa. Tekstur cincau yang kenyal seperti jelly ini membuat siapa saja ketagihan.

Berbicara mengenai cincau, bahan makanan ini terbagi jadi dua jenis yang terkenal di pasaran. Ada cincau hijau dan cincau hitam. Perbedaan kedua cincau tersebut terletak pada bahan pembuatannya. Cincau hitam terbuat dari daun tanaman mesona palustris atau yang daun janggelan. Sedangkan cincau hijau terbuat dari tanaman rambat berjenis cylea berbata myers atau daun cincau. Meskipun begitu, baik cincau hitam maupun hijau, keduanya sama-sama memiliki cita rasa lezat dan kaya manfaat.

Nah, cincau hijau sendiri bisa dimakan langsung maupun diolah lagi dengan bahan lain. Misalnya jadi bubur sum-sum, minuman menyegarkan, dan lain sebagainya.

Tapi tahukah kamu, kalau cara membuat cincau hijau itu tidak serumit yang dibayangkan? Selain bahannya mudah ditemukan, caranya telah BrilioFood kutip dari akun TikTok/@lintangwahyuni5 pada Jumat (9/9).

Bahan yang dibutuhkan:
- Daun cincau
- 2 gelas air

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya