5 Trik memilih yogurt untuk MPASI anak agar aman dan menyehatkan

5 Trik memilih yogurt untuk MPASI anak agar aman dan menyehatkan
Ada beberapa jenis yougt |

1. Jangan pilih yogurt yang bebas atau rendah lemak.

5 Trik memilih yogurt untuk MPASI anak agar aman dan menyehatkan

foto: TikTok/@irnanasiha

Kamu pasti sering menemui yogurt bertuliskan fat free atau low fat, kan? Nah, rupanya jenis yogurt ini kurang baik dikonsumsi oleh anak-anak, lho. Irna menjelaskan, anak-anak membutuhkan nutrisi dari lemak yang ada pada yogurt untuk mendukung pertumbuhannya.

Hal ini juga dijelaskan pada laman srnutrition.co.uk, selain untuk mendukung pertumbuhan, lemak pada yogurt juga bisa jadi sumber energi untuk tubuh anak. Sehingga, tak perlu memberi anak yogurt versi rendah atau bebas lemak.

"Anak-anak perlukan lemak baik untuk membesar," jelas Irna di TikTok/@irnanasiha.

2. Tidak perlu memilih protein yogurt.

5 Trik memilih yogurt untuk MPASI anak agar aman dan menyehatkan

foto: TikTok/@irnanasiha

Bayi juga sebaiknya tak langsung diberi jenis yogurt tinggi protein. Pasalnya, jenis yogurt ini dibutuhkan oleh orang dewasa yang ingin membentuk otot maupun memenuhi kebutuhan protein harian. Dilansir dari babycenter.com, protein yogurt ini berisiko sulit dicerna oleh bayi. Meski tanpa yogurt protein pun, bayi tetap mendapatkan protein dari sumber-sumber seperti daging hewani di MPASI, ASI, dan lain-lain.

3. Hindari yogurt dengan tambahan rasa.

5 Trik memilih yogurt untuk MPASI anak agar aman dan menyehatkan

foto: TikTok/@irnanasiha

Di pasaran, pastinya jenis yogurt dengan aneka rasa banyak sekali jenisnya, baik cokelat, stroberi, mangga, madu, dan masih banyak lagi. Nah, sebaiknya, bayi jangan diberi yogurt jenis ini karena kandungan gula atau garamnya cukup tinggi dan bisa-bisa melebihi kebutuhan bayi. Dilansir dari babycenter.com, yogurt dengan tambahan rasa ini berisiko menyebabkan obesitas serta kerusakan gusi dan gigi.

4. Pilih yogurt natural atau asli.

5 Trik memilih yogurt untuk MPASI anak agar aman dan menyehatkan

foto: TikTok/@irnanasiha

Buat bayi dan anak-anak, sebaiknya pilih jenis yogurt natural atau asli. Dilansir dari yeovalley.co.uk, yogurt natural aman dikonsumsi oleh anak karena nutrisi di dalamnya bisa bantu memecah gula laktosa dan protein. Dengan begitu yogurt lebih mudah dicerna.

5. Pilih Greek yogurt.

5 Trik memilih yogurt untuk MPASI anak agar aman dan menyehatkan

foto: TikTok/@irnanasiha

Greek yogurt juga aman dikonsumsi oleh bayi 8 bulan ke atas, lho. Jenis yogurt ini kurang lebih sama dengan yogurt yang natural, karena nutrisinya tinggi dan tidak memiliki tambahan rasa dan gula. Dilansir dari whattoexpect.com, sebaiknya perhatikan apakah anak punya laktosa intoleran setelah mengonsumsi Greek yogurt agar bisa dihindari di kemudian hari.

@irnanasiha Sedikit info tentang yogurt; Bila boleh intro yogurt untuk anak? Seawal usia 8-10 bulan dah boleh perkenalkan yogurt pada anak. Bagus ke bagi yogurt pada anak? Bagus. Sebab yogurt ada probiotic, yang mana probiotic ni sangat penting untuk kesihatan usus. Bila usus sihat, nutrient lain pun mudah diserap. Usus yang sihat membantu meningkatkan immune system badan anak. Berapa banyak anak boleh makan yogurt? 2 - 3 sudu sehari sudah memadai, lagi bagus kalau dibagi setiap hari Banyak sangat natural yogurt dekat pasar raya. Nak pilih yang mana satu? Ok, ni tips memilih yogurt untuk anak-anak. 1. Pastikan kita pilih NATURAL YOGURT. Sebab tak ada perasa tambahan, gula, etc. 2. Pilih yang FULL FAT / FULL CREAM. Anak-anak perlukan lemak baik untuk membesar. 3. Elakkan ambil LOW FAT. Bukan tak baik, cuma kurang sesuai untuk anak yang nak membesar. Untuk mak boleh la ambil low fat Berapa lama yogurt boleh tahan? Kalau letak dalam fridge, biasanya tahan kurang seminggu. Habis tu kalau beli bekas besar, jenuh anak nak habiskan? Dah la 2-3 sudu je sehari. Macam mana? Apa yang umi buat, masukkan yogurt dalam bekas ice cube dan frozen kan. Bahan frozen kalau letak dalam deep chiller biasanya tahan 2-3 bulan. Dah keras, masukkan dalam plastik ziplock. Nak ambil, ambil saja seketul-seketul Apa menu yang sesuai dibuat dengan yougurt? 1. Mix dengan buah 2. Yogurt Bark. Cara penyediaan sama saja, mix dengan buah. Kemudian sapu rata pada pinggan atau mangkuk dan frozenkan. Dah keras boleh patah-patah dan bagi anak makan. Yogurt Bark sesuai sangat bagi kat anak kalau dia gatal gusi nak tumbuh gigi. 3. Buat smoothies. Yummeh! 4. Campur dalam masakkan seperti masak kari. Cuma kena masukkan yogurt di akhir masakkan, biarkan masakkan sejuk sikit baru campur yogurt. #infobaby #infobabyfood #baby_food_menu #masakuntukbayi #ideamakananbaby #babyfoodidea #qalisyafoodjourney #ideamasakanbaby #yogurtbaby #tipspemilihanyogurtbaby original sound - -; Speed Up Songs Malay - -; Speed Up Songs

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya