7 Cara memasak krecek agar empuk dan tidak mudah hancur

17 / 11 / 2021 11:03 WIB Annathiqotul Laduniyah
7 Cara memasak krecek agar empuk dan tidak mudah hancur
Instagram/@resep.dapur.harian

Brilio.net - Krecek atau rambak sayur yang berasal dari kulit sapi atau kerbau. Bahan makanan ini biasanya diolah serta dimasukkan ke dalam masakan khas Indonesia. Misalnya jadi sambal goreng krecek yang biasa terdapat di gudeg.

Setelah dimasak, tekstur krecek cenderung kenyal. Namun, krecek juga harus diolah secara hati-hati. Jika dimasak dengan cara yang kurang tepat, krecek bisa mudah hancur dan bentuknya tidak karuan. Hal ini pun akan memengaruhi rasa dan kelezatannya.

Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan cara memasak krecek sebelum diolah menjadi aneka masakan. Nah, berikut tujuh cara memasak krecek agar empuk dan tidak mudah hancur, BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (17/11).

1. Perhatikan ketika memilih krecek.

cara memasak krecek freepik.comfoto:Instagram/@kubilangenak

Pilih jenis krecek yang tebal dan berwarna kecokelatan. Biasanya kulit kerbau punya tekstur lebih tebal daripada kulit sapi. Walau tidak menutup kemungkinan jika ada kulit sapi yang sama tebalnya.

2. Cuci krecek.

cara memasak krecek freepik.com

foto: freepik.com

Krecek yang hendak dimasak perlu dicuci terlebih dahulu. Supaya krecek lebih bersih sebelum diolah, semua kotoran hilang.

3. Semakin lama direndam, krecek semakin lembek.

cara memasak krecek freepik.com

foto: freepik.com

Jika tekstur terasa kenyal dan agak keras, maka krecek cukup direndam sebentar saja. Lamanya proses merendam, bisa memengaruhi tekstur krecek. Semakin lama direndam, tekstur krecek kian lembek.

4. Siram dengan air.

cara memasak krecek freepik.com

foto: freepik.com

Cuci krecek cukup dengan disiram menggunakan air. Terutama krecek yang tipis hanya perlu dicuci pada air yang mengalir.

5. Masukkan pada tahap akhir memasak.

cara memasak krecek  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Masukkan krecek ketika masakan sudah hampir jadi. Karena krecek mudah mengempis dan hancur ketika terkena kuah panas. Apalagi jika menggunakan krecek yang terbuat dari kerupuk kulit.

6. Pilih krecek sesuai menu yang ingin dimasak.

cara memasak krecek  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Jenis krecek yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan menu masakan yang mau dibuat. Jika ingin membuat olahan krecek yang berkuah, pilih krecek yang punya tekstur lebih tebal agar tidak mudah hancur ketika dimasak. Namun jika ingin mengolah krecek untuk sambal goreng, lebih baik pilih krecek yang tipis.

7. Jangan terlalu lama dimasak.

cara memasak krecek  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Pada dasarnya, krecek adalah kulit kerbau atau sapi yang sudah matang. Jadi, untuk mendapat hasil kerecek yang empuk namun tidak mudah hancur, masukkan krecek sebelum masakan matang. Jangan pula terlalu lama dimasak agar tidak mudah hancur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

  • Ayam Saus Inggris

    Ayam Saus Inggris

Review

Selengkapnya