7 Cara membuat sup kolagen dari ceker ayam, bikin kulit sehat cuma pakai 3 bahan

7 Cara membuat sup kolagen dari ceker ayam, bikin kulit sehat cuma pakai 3 bahan
foto: YouTube/Yuda Bustara

Brilio.net - Sup kolagen merupakan kuah kaldu yang didapat dari hasil rebusan tulang hewan. Namun tulang yang digunakan untuk pembuatan kaldu ini nggak sembarangan, lho. Biasanya tulang yang digunakan adalah tulang khusus yang mengandung kolagen tinggi. Setiap bagian tulang hewan yang digunakan memiliki tingkat kolagen yang berbeda-beda.

Walau sama-sama kaldu, namun sup kolagen ini berbeda dengan sup pada umumnya. Biasanya sup kolagen memiliki warna yang lebih putih dibandingkan kaldu sup biasa. Selain itu, tekstur sup kolagen juga juga lebih kenyal seperti jeli saat suhunya sudah dingin. Warna dan tekstur ini pun diketahui berasal dari proses perebusan tulang yang sangat lama.

Jenis sup satu ini kerap dikonsumsi untuk menambah asupan kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri memang bermanfaat untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit. Dilansir dari healthline.com, asupan kolagen yang cukup dapat memperlambat proses penuaan kulit, meredakan nyeri sendi, mencegah pengeroposan tulang, hingga meningkatkan kesehatan jantung dan otot.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa membuat sup kolagen dari bahan-bahan sederhana, seperti ceker ayam. Bagian tulang ayam ini memang dikenal memiliki kandungan kolagen sangat tinggi, sedangkan lemak di dalamnya terbilang rendah. Hal tersebut juga diamini oleh salah satu selebriti chef Tanah Air, Yuda Bustara.

"Di sini saya pakai ceker (ayam). Ceker ini nggak ada lemaknya, tapi kolagennya tinggi sekali," terangnya melalui YouTube/Yuda Bustara.

Cara membuat sup kolagen dari ceker ayam ini pun terbilang mudah. Melalui YouTube pribadinya, chef yang juga pernah jadi host di acara TV 'Iron Chef Indonesia' ini membeberkan cara membuat sup kolagen yang bernutrisi. Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak resep dan cara membuatnya, dilansir BrilioFood dari YouTube/Yuda Bustara pada Jumat (16/12).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya