7 Cara menyimpan bawang yang sudah dipotong, awet hingga 10 hari

12 / 04 / 2022 05:15 WIB Annathiqotul Laduniyah
7 Cara menyimpan bawang yang sudah dipotong, awet hingga 10 hari
freepik.com

Brilio.net - Sebagai salah satu bahan utama dalam aneka masakan, bawang memang memberi rasa sedap dan gurih tersendiri. Namun bawang juga seringkali tidak digunakan secara utuh. Kamu sudah bisa membuat masakan menggunakan sepotong bahkan setengah bawang saja. Alhasil sisa potongan atau irisan bawang yang belum terpakai harus disimpan dulu.

Sedangkan bawang yang sudah dikupas dan dipotong akan mudah mengering, layu, hingga membusuk jika tidak digunakan dalam waktu dekat. Hal ini karena bawang lebih rentan terhadap bakteri dan jamur.

Nah, untuk membuat potongan bawang lebih tahan lama, simpan dengan cara yang tepat. Salah satunya diletakkan di freezer. Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa menyimpan potongan bawang lebih tahan lama sebagai stok memasak. Kian praktis dan makin hemat waktu, deh.

Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Selasa (12/4), berikut tujuh cara menyimpan potongan bawang agar tahan lama.

1. Pastikan bawang dalam keadaan bersih.

cara menyimpan potongan bawang be

foto: freepik.com

Sebelum disimpan, pastikan bawang dalam kondisi bersih. Hal ini bertujuan untuk mengurangi paparan bakteri sekaligus kontaminasi silang dengan bahan makanan lain. Bawang yang disimpan dalam kondisi bersih akan membuatnya semakin tahan lama.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Meatloaf Wellington

  • Ayam Budu Budu

    Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

Review

Selengkapnya